..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN KECEMASAN DAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWA AKHIR DI IAIN PONOROGO PASCA PANDEMI COVID- 19

Qur'ani, Gradia Kirana (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN KECEMASAN DAN ORIENTASI MASA DEPAN MAHASISWA AKHIR DI IAIN PONOROGO PASCA PANDEMI COVID- 19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
GRADIA REVISI (Autosaved).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Qur’ani, Gradia Kirana, 2023. Hubungan Resiliensi Dengan Kecemasan dan Orientasi Masa Depan Mahasiswa Akhir di IAIN Ponorogo Pasca Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Pembimbing Fendi Krisna Rusdiana M. Psi.
Kata Kunci: Resiliensi, Kecemasan, Orientasi Masa Depan, Mahasiswa Akhir, Pasca Pandemi Covid-19
Mahasiswa dalam masa perkembangannya adalah remaja yang menginjak dewasa, secara alamiah membutuhkan kebebasan dan kemandirian. Namun hal tersebut terhambat karena berbagai permasalahan yang terjadi ketika pandemic sehingga menimbulkan kebingungan yang membuat labilitas pikiran mereka tidak stabil. Kecemasan yang muncul karena terdapat ketidakpastian dari adanya ancaman di masa depan, sehingga mempengaruhi individu untuk menghindar atau mengurangi akibat dari ancaman. Mahasiswa yang masih belum memiliki orientasi masa depan yang jelas, menyebabkan banyak lulusan sarjana tidak mampu bersaing di persaingan global. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa mahasiswa membutuhkan resiliensi untuk menekan kecemasan dan membuat perencanaan masa depan.
Berdarsarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara resiliensi dengan kecemasan dan orientasi masa depan mahasiswa pasca pandemic covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 110 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis yang digunakan yaitu uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji asumsi (normalitas dan homogenitas) dan menggunakan teknik korelasi sederhana untuk menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara resiliensi (X) dengan kecemasan (Y1) yang menghasilkan nilai sig. = 0,000 dengan nilai koefisiensi korelasi = 0,672. Hubungan yang positif dan signifikan juga terjadi pada resiliensi dengan orientasi masa depan (Y2) dengan nilai sig. = 0,000 dan koefisiensi korelasi = 0,615. Dari hasil analisis tersebut maka hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu ada hubungan antara resiliensi dengan kecemasan dan orientasi masa depan mahasiswa pasca pandemic covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fendi Krisna Rusdiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:22
Last Modified: 08 Jun 2023 18:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23900

Actions (login required)

View Item View Item