Public Relation Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ponorogo Dalam Mempromosikan Pariwisata

Rahmatika, Safira (2023) Public Relation Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ponorogo Dalam Mempromosikan Pariwisata. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SAFIRA R-KPI-2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmatika, Safira. 2023. Public Relation Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ponorogo Dalam Mempromosikan Pariwisata. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushudddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A .
Kata Kunci : Public Relation, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, promosi, pariwisata.

Kabupaten Ponorogo memiliki banyak tempat bersejarah yang menjadi obyek wisata selain itu juga memiliki banyak potensi pariwisata seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata buatan, wisata budaya, wisata religi. Dalam pengelolaan pariwisata tidak lepas kaitannya dengan peran seorang public relation. Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga berwewenang penuh sebagai praktisi public relation.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, cara mengelola kegiatan promosi, dan hambatan serta solusi dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo dalam mempromosikan pariwisata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan
menggambarkan bagaimana public relation dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo dalam aktivitas promosi pariwisata. Peneliti mendapatkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media yang digunakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo dalam mempromosikan pariwisata, yakni : (a) media konvensional; radio dan televisi (b) media baru (internet); Instagram, Youtube, Facebook, aplikasi (c) media luar ruangan; spanduk, baliho, leaflet. Semua media digunakan dalam mengelola kegiatan promosi pariwisata seperti aktivitas periklanan menggunakan media konvensional berupa radio, televisi, dan sosial media (internet), penjualan tatapmuka (personal selling), dan hubungan masyarakat (public relation) merupakan aktivitas komunikasi tanpa melalui media perantara jadi dilakukan langsung oleh praktisi public relation, dalam hal ini merupakan Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Ponorogo. Hambatan dan solusi public relation Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo dalam mempromosikan pariwisata, yakni ada dua faktor eksternal dan internal. Hambatan dari faktor eksternal sendiri dari anggaran biaya dari pemerintah daerah, solusinya harus menekan pengeluaran. Sedangkan internal sendiri kurangnya koordinasi dari setiap Sub. Bidang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:21
Last Modified: 09 Jun 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item