PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS XII DI MA MA’ARIF BALONG PONOROGO

Khowin, Ari Jalu Nur (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MENGGUNAKAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS XII DI MA MA’ARIF BALONG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190033_ARI JALU NUR KHOWIN_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Jalu Nur Khowin, Ari. 2023. Pembentukan Karakter Religius Menggunakan Literasi Digital Pada Siswa Kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Literasi Digital, Karakter Religius
Teknologi informasi dan komunikasi mengubah berbagai aspek kehidupan. Pendidikan sebagai penyeimbang permasalahan harus mampu membentuk karakter manusia. Maka dari itu, pentingnya karakter religius bagi siswa merupahkan hal yang paling utama. Di karenakan banyak persoalan yang berdampak buruk apabila siswa tidak memiliki karakter religius. Upaya pembentukan karakter religius dilaksanakan pada dunia pendidikan dengan mengunakan literasi digital. Sehingga karakter religius bukan hanya terbentuk, namun juga tertanam dalam jiwa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang pembentukan karakter religius menggunakan literasi digital pada siswa kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo, (2) Menjelaskan tentang kontribusi pembentukan karakter religius menggunakan literasi digital pada siswa kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di MA Ma’arif Balong Ponorogo dengan subjek informan guru pendidikan agama Isalam dan siswa kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter religius menggunakan literasi digital pada siswa kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo dengan megikuti kurikulum kurikulum 2013. Pembentukan karakter religius menggunakan literasi digital pada siswa kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo dilaksanakan dengan pada saat pembelajaran didalam kelas dengan menggunakan metode pembiasaan dan pembinaan. Terbentuknya karakter religius siswa dibuktikan dengan perilaku, dan sikap siswa yang sesuai dengan indikator. (2) Kontribusi pembentukan karakter religius menggunakan literasi digital pada siswa kelas XII di MA Ma’arif Balong Ponorogo yaitu siswa akan belajar menggunakan akses literasi digital, menambah sumber pengetahuan berbasis keagamaan sehingga terbentuk karakter religiusnya, menjadikan siswa kritis dan aktif dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Namun memiliki efek samping yaitu siswa tidak membaca materi yang disampaikan melalui media digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:20
Last Modified: 09 Jun 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item