Manajemen Pembelajaran Program Tahfidz Dalam Membentuk Akhlak Qur'ani Pada Jurusan Keagamaan di MAN 2 Kota Madiun

Muyasaroh, Anni (2023) Manajemen Pembelajaran Program Tahfidz Dalam Membentuk Akhlak Qur'ani Pada Jurusan Keagamaan di MAN 2 Kota Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ANNI MUYASAROH TESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran tahfidz al-Qur’an di sekolah. Fenomena saat ini adalah besarnya animo orang tua yang mendukung anaknya untuk menghafalkan Al-Qur’an, didukung banyak lembaga pendidikan yang menawarkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Problematika pembelajaran Al-Qur’an mengakibatkan kegagalan. Konsekuensi dari kegagalan tersebut antara lain kegagalan siswa dalam mengembangkan karakter Al-Qur’an, memudarnya kecintaan terhadap Al-Qur’an, menurunnya kesantunan, dan keterbatasan materi yang hanya sebatas pengetahuan kognitif tanpa kemampuan performansi. Pemahaman akhlak dalam kehidupan yaitu dengan menunjukkan betapa pentingnya nilai akhlak tersebut dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan akhlak bersumber dari al-Qur’an bagi muslim. Karena al-Qur’an merupakan pedoman umat Islam. MAN 2 Kota Madiun menjadi satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri di karesidenan Madiun sebagai MAN PK (Madrasah Aliyah Unggulan Program Keagamaan). Program tahfidz di MAN 2 Kota Madiun merupakan salah satu kegiatan dari MAN PK yang menjadi program wajib untuk siswa-siswi yang memilih jurusan keagamaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaram program tahfidz. Strategi dalam membentuk akhlak qur’ani melalui pembelajaran tahfidz, serta implikasi manajemen pembelajaran tahfidz pada jurusan keagamaan di MAN 2 Kota Madiun.
Jenis pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Metode yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian yaitu metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis datanya menguunakan model Matthew B. Milles, A. Michael Huberman, dan Saldana berupa pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data dan gambar. Teknik pengecakan data menggunakan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menemukan perencanaan pembelajaran program tahfidz di MAN 2 Kota Madiun dimulai dengan menyusun jadwal pembelajaran dan penentuan materi kurikulum. Melalui yang terdapat di dalam tujuan pembelajaran. Selanjutnya pelaksanaannya terbagi menjadi 2 yaitu tahsin dan tahfidz. Tahsin dan tahfidz merupakan bagian dari implementasi tujuan yang telah disusun. Evalusi pembelajaran dilakukan dengan tes lisan guna mengetahui ketrcapai tujuan melalui 3 tahapan yaitu: harian, bulanan dan ujian tasmi’. Dalam pembentukan akhlak qur’ani dilakukan dengan teladan dan latihan. Teladan diperoleh melalui pengajar yang berkualifikasi tahfidz bersanad, dan bermukim di pondok. Dalam kegiatan latihan melalui kegiatan tahsin dan tahfidz, serta pengajian kitab kuning. Implikasi dari manajemen pembelajaran tahfidz yaitu, terorganisirnya pelaksanaan pembelajaran tahfidz, melalui penyusunan perencanaan pembelajaran tahfidz sesuai tujuan yang telah dikehendaki. Terbentuknya akhlak yang bercermin qur’ani guna dalam rangka menjaga hafalan al-Qur’an.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Program Tahfidz, Akhlak Qur’ani

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:19
Last Modified: 09 Jun 2023 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item