Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Empon-Empon Basah Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo)

Suselawati, Sri (2023) Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Empon-Empon Basah Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190174_SRI SUSELAWATI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK
Suselawati, Sri 2023. Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Empon-Empon Basah Sistem Karungan (Studi Kasus di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Endrik Safudin, M.H.
Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Sistem Karungan
Dalam melakukan transaksi jual beli hendaknya memenuhi rukun dan syarat jual beli. Rukun akad terdiri dari sighat akad, para pihak yang berakad, objek akad, dan harga. Ketentuan mengenai syarat dari rukun tersebut diatur dalam Fatwa DSN-MUI No.110 tahun 2017 tentang akad jual beli. Penelitian ini berangkat dari latar belakang karena timbul keraguan pada praktik jual beli empon-empon basah sistem karungan yang terjadi di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Apakah sudah sesuai dengan hukum islam atau belum. Terutama pada objek yang berada dalam karung yang tidak jelas kualitasnya karena sering terjadi percampuran dan tentang bagaimana akad/kesepakatan yang dilakukan antara penjual dengan pembeli (tengkulak).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap objek dalam jual beli empon-empon basah sistem karungan di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo?; (2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap akad pada jual beli empon-empon basah sistem karungan di Pasar Ngrayun Kabupaten Ponorogo.
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Metode analisis yang digunakan yaitu metode induktif.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tinjauan hukum islam terhadap objek jual beli adalah belum sesuai dengan ketentuan objek pada hukum islam, karena terkandung unsur gharar dan tadlis didalamnya. Unsur gharar dalam jual beli empon-empon basah sistem karungan tergolong pada al-gharar (al-jahalah) al-yasir yang tidak menyebabkan perselisihan sehingga tidak membatalkan akad. Akad pada jual beli empon-empon basah sistem karungan ditinjau dari hukum islam merupakan akad yang sah karena rukun dan syarat jual beli telah terpenuhi,sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa DSN-MUI No.110 Tahun 2017, dalam jual beli ini juga telah terpenuhi unsur kerelaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:13
Last Modified: 09 Jun 2023 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item