Pembiasaan Membaca Juz Amma dan shalat dhuha Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas III di MI MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo

Permatasari, Ricky Cahya (2023) Pembiasaan Membaca Juz Amma dan shalat dhuha Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas III di MI MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190293_Ricky Cahya Permatasari_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cahya, Ricky Permatasari. 2023. Pembiasaan Membaca Juz Amma dan shalat dhuha Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas III di MI MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M. Ag
Kata Kunci: Membaca juz amma, Shalat dhuha, Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan spiritual menjadi dasar dalam menunjang keberhasilan pendidikan nasional. Kecerdasan spiritual dapat diperoleh melalui pembelajaran keagamaan, sehingga diharapkan dapat terbentuk nilai-nilai keagamaan yang baik. Dalam rangka meningkatkan nilai-nilai keagamaan dapat dilakukan dengan cara menghayati dan mengamalkan ajaran agama di kehidupan sehari- hari yaitu dengan melakukan pembiasaan membaca Al-Quran dan shalat berjamaah di lingkungan sekolah, dengan penerapan pembiasaan ini, khususnya membaca Juz Amma dan Shalat Dhuha diharapkan agar siswa dapat mengembangkan kepribadianya menjadi yang lebih baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pembiasaan membaca juz amma dalam megembangkan kecerdasan spiritual siswa (2) mengetahui pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang dilakukan di MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo. Data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data diperoleh dari para informan yang dianggap mengetahui terkait pembiasaan membaca juz amma dan shalat dhuha dalam mengembangkan kecerdasan spiritual. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) pembiasaan membaca juz amma dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas III di MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo yaitu dengan melakukan berulang-ulang setiap hari Senin sampai Sabtu yang dilaksanakan bersama-sama dengan teman sekelas agar mempunyai kebiasaan yang baik, selain itu dengan membaca juz amma bersama-sama siswa akan memberikan ketenangan jiwa siswa sehingga dapat mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo. (2) pembiasaan shalat dhuha dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di kelas III di MI Ma'arif Ngrupit Ponorogo yaitu dengan melaksanakan shalat dhuha setiap hari pada pukul 07.30 agar mengajarkan siswa untuk menyembah atau memohon pertolongan hanya kepada Allah dan selalu mendekatkan diri kepadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:13
Last Modified: 12 Jun 2023 03:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item View Item