Analisis Konsentrasi Peserta Didik Melalui Metode Ceramah Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN Baleasri 2 Magetan

Mufidah, Alifatul (2023) Analisis Konsentrasi Peserta Didik Melalui Metode Ceramah Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN Baleasri 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190004_Alifatul Mufidah_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mufidah, Alifatul. 2023. Analisis Konsentrasi Peserta Didik Melalui Metode Ceramah Interaktif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN Baleasri 2 Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Konsentrasi, Metode Ceramah Interaktif, Pendidikan Agama Islam.

Konsentrasi merupakan modal utama bagi peserta didik dalam menerima dan memahami materi pembelajaran dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Konsentrasi juga sangat dibutuhkan peserta didik saat mengikuti mata pelajaran PAI, karena mengingat mata pelajaran PAI merupakan ilmu yang sangat urgen atau penting dalam membentuk karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membutuhkan pemahaman dan konsentrasi yang tinggi. Upaya dalam menumbuhkan konsentrasi peserta didik dapat dilakukan melalui penerapan metode ceramah interaktif. Berbagai penelitian terkait konsentrasi dan metode ceramah interaktif telah banyak dilakukan, namun masih jarang yang menganalisis konsentrasi melalui metode ceramah interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode ceramah interaktif saat pembelajaran PAI; (2) tingkat konsentrasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran PAI; (3) implikasi metode ceramah interaktif terhadap konsentrasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran PAI.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian yaitu dari Guru PAI dan peserta didik kelas V di SDN Baleasri 2 Kabupaten Magetan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa; (1) Penerapan metode ceramah interaktif saat pembelajaran PAI di kelas V SDN Baleasri 2 Magetan dapat dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap pengantar, tahap proses pembelajaran, dan tahap penutup. Metode ceramah interaktif tersebut dapat diterapkan dengan baik sesuai dengan tahapan atau langkah-langkahnya. Metode ceramah interaktif diterapkan dengan guru menyampaikan atau menjelaskan materi pelajaran menggunakan metode ceramah serta melibatkan interaksi dengan peserta didik melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi atau kerja kelompok. (2) Tingkat konsentrasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran PAI di kelas V SDN Baleasri 2 Magetan sudah cukup baik karena sebagian besar peserta didik sudah dapat memenuhi 4 indikator konsentrasi yaitu mampu memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, mampu merespon serta memahami materi pelajaran, bersikap aktif, serta kondisi kelas yang kondusif. (3) Implikasi metode ceramah interaktif terhadap konsentrasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran PAI di kelas V SDN Baleasri 2 Magetan cukup baik, karena dengan menerapkan metode ceramah interaktif saat pembelajaran PAI di kelas V SDN Baleasri 2 Magetan sudah dapat menumbuhkan konsentrasi peserta didik saat mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:12
Last Modified: 08 Jun 2023 18:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item