Yahya, Fifi Dwi Aditya (2023) PERAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMPLB PGRI KAWEDANAN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201190086_Fifi Dwi Aditya Yahya_PAI-1.pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yahya, Fifi Dwi Aditya. 2023, Peran Pendidikan Karakter Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Siswa Berkebutuhan Khusus. Kecerdasan emosional pada siswa berkebutuhan khusus di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan tentunya berbeda dengan sekolah umum, begitupula dengan cara pengembangan pendidikan karakternya. Penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana guru bisa meningkatkan pendidikan karakter siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses pendidikan karakter bagi siswa berkebutuhan khusus di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan, (2) untuk mendeskripsikan dan menjelaskan dampak pendidikan karakter terhadap nilai-nilai karakter siswa berkebutuhan khusus di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pendidikan karakter di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan Dalam proses pendidikan karakter di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan, ada beberapa hal yang di lakukan oleh guru, meliputi: Memberikan bimbingan atau arahan kepada siswa, b. Mengajarkan anak untuk memahami suatu karakter pribadi siswa, c. Memberikan pelajaran kepada siswa untuk memahami perasaan orang lain. (2) Pendidikan karakter di SMPLB PGRI Kawedanan Magetan memberikan dampak yang baik sehingga membentuk karakter pribadi siswa meliputi a. Religius, siswa dapat dikatakan cukup baik, hal ini dikarenakan siswa sudah mau melaksanakan ibadah shalat meskipun harus dibawah pengawasan guru, b. Jujur, siswa mulai memahami arti kejujuran walaupun sebelumnya siswa belum sepenuhnya memahami arti kejujuran, c. Bertanggungjawab, siswa memiliki kemajuan dan dapat dikatakan cukup baik, hal ini dikarenakan siswa sudah memiliki kesadaran untuk bertanggungjawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Kharisul wathoni |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 18:11 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 18:11 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23864 |
Actions (login required)
View Item |