STRATEGI DAKWAH PCNU KOTA MADIUN DALAM MENANGKAL RADIKALSIME MELALUI MEDIA SOSIAL

Muklasin, Ahmad Nur (2023) STRATEGI DAKWAH PCNU KOTA MADIUN DALAM MENANGKAL RADIKALSIME MELALUI MEDIA SOSIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ahmad nur muklasin etheses iain ponorogo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam prosesnya dakwah memiliki perkembangan yang sangat cepat. Dakwah melalui media modern merupakan media paling digemari masyarakat saat ini Karena melalui media ini kita tidak perlu bertatap muka secara langsung Bersama mad’u untuk menyampaikan pesan dakwah yang bermanfaat bagi masyarkat. Kemudahan dalam melakukan berdakwah menggunakan media modern ini bisa menjadi penyebaran awal paham radikalisme melalui media sosial. Paham radikalisme melalui media sosial ini harus dicegah oleh setiap masyarkat karena dapat menyebabkan ketidak harmonisan dan mengganggu stabilitas ketentraman. Oleh karena itu Nahdlatul Ulama sebagai organisasi yang besar harus bisa menjadi solusi untuk menjawab tantangan radikalisme melalui media sosial .
Dalam hal ini Pokok studi Permasalahan penulis fokuskan ke pada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Madiun. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengungkap tujuan dakwah PCNU kota madiun dalam menangkal radikalisme melalui media sosial. (2) untuk mendeskripsikan strategi dakwah PCNU kota madiun dalam menangkal radikalisme melalui media sosial. (3) untuk menganalisis apa saja faktor penghambat dan pendukung PCNU Kota Madiun dalam menangkal paham radikalisme melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan menunjukkan 1. Tujuan PCNU Kota Madiun melakukan dakwah kontra radikalisme melalui media sosial yaitu untuk menimalisir adanya konten paham radikalisme yang berkembang melalui media sosial, kedua untuk membentengi Warga Nahdlatul Ulama agar tidak terpapar paham radikalisme. Dan Ketiga untuk Menciptakan lingkungan yang aman dari pengaruh paham radikalisme. 2. Terdapat tiga strategi dakwah yang digunakan oleh PCNU Kota Madiun dalam menangkal radikalisme yaitu menggunakan strategi dakwah sentimental, strategi dakwah Rasional dan strategi Inderawi dengan 3. Faktor Penghambat PCNU Kota Madiun dalam menangkal radikalisme melalui media sosial yakni Masyarakat kurang meminati konten dakwah radikalisme dan Kurangnya SDM untuk membuat konten melalui media sosial. faktor pendukung PCNU Kota Madiun dalam menangkal radikalisme melalui media sosial Yakni adanya dukungan dari para tokoh PCNU Kota Madiun dan adanya dukungan dari warga non muslim yang terus mensuport PCNU Kota Madiun untuk menanamkan toleransi untuk kepentingan umat beragama dan Bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:09
Last Modified: 08 Jun 2023 18:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item