Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Cinta Terhadap Nabi Muhammad Saw. (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo

Tyas, Tri Wahyuning (2023) Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Cinta Terhadap Nabi Muhammad Saw. (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190280_TRI WAHYUNING TYAS_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tyas, Tri Wahyuning. 2023. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Cinta Terhadap Nabi Muhammad Saw. (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Guru, Menanamkan Karakter Cinta, Nabi Muhammad Saw.
Zaman sekarang anak-anak dihadapkan dengan realitas gawai yang mana dapat mengakses berbagai informasi baik audio maupun visual, dimana mereka bebas mengakses tokoh kartun Hollywood populer zaman sekarang. Sehingga mereka mampu menirukan karakter tokoh kartun tersebut daripada menirukan karakter Nabi Muhammad Saw. Selain itu, banyak anak kecil yang menghafal ratusan lirik lagu dangdut, pop, rock maupun jazz namun mereka tidak dapat menghafal lirik lagu sholawat. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya bimbingan dari guru, terutama dari Guru Sejarah Kebudayaan Islam. Seorang guru selain memiliki kewajiban mengajar juga memiliki kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang menanamkan karakter cinta Nabi Muhammad Saw. kepada siswa.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) Persepsi siswa tentang Nabi Muhammad Saw. di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong, (2) Peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menanamkan karakter cinta Nabi Muhammad Saw., (3) Dampak pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap kecintaan siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus (case study). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep dari Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang Nabi Muhammad Saw. di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong adalah siswa mempersepsikan Nabi Muhammad Saw. dari pengetahuan melalui sejarahnya bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah Swt. Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rasul pada usia 40 tahun di Gua Hira dan mendapatkan mukjizat berupa Al-Qur’an dan dari memahami sunnah dan akhlak Nabi Muhammad Saw. dengan melaksanakan sunnah-sunnahnya serta mencontoh akhlak mulia Nabi Muhammad Saw. (2) Peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menanamkan karakter cinta Nabi Muhammad Saw. yaitu melalui pembiasaan kegiatan Salat Dhuha, membaca Al-Qur’an, mengucapkan salam, membaca doa dan membaca sholawat nabi sebagai bentuk upaya mengikuti sunnah dan ajaran Nabi Muhammad Saw. serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Sejarah Kebudayaan Islam seperti mengajak siswa melakukan aktivitas yang mencerminkan akhlak Nabi Muhammad Saw., bercerita kisah nabi dan melihat video atau film perjalanan Nabi Muhammad Saw., meneladani dan memberikan ruang diskusi kepada siswa. (3) Dampak pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap kecintaan siswa di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong yaitu mencintai dan memahami Al-Qur’an, berperilaku zuhud, serta mengasihi dan menyayangi sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:07
Last Modified: 08 Jun 2023 18:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23855

Actions (login required)

View Item View Item