Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mendisiplinkan Santri di MTs. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

'Aliyah, Naily Khuriyatul (2023) Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mendisiplinkan Santri di MTs. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190186_NAILY KHURIYATUL 'ALIYAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

‘Aliyah, Naily Khuriyatul. 2023. Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Mendisiplinkan Santri Di MTs. Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Peran Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan Santri

Kedisiplinan peserta didik merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan. Dengan adanya kedisiplinan yang baik maka berdampak pada meningkatnya kedisiplinan peserta didik dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di MTs. Al-Islam Joresan merupakan madrasah yang berbasis pesantren yang berwawasan keagamaan, berorientasi pada perubahan, disiplin serta mencetak out put yang berkualitas. Sebagai upaya dalam mendisiplinkan santri maka madrasah membentuk pengorganisasian yakni guru bimbingan dan konseling. Peran bimbingan dan konseling disini yaitu dengan memberikan nasihat, membimbing dan mengarahkan santri yang lebih baik. Tak terkecuali bimbingan dan konseling di MTs. Al-Islam Joresan melakukan upaya membentuk kedisiplinan melalui berbagai tahapan penanganan santri dan menerapkan program kegiatan yang dilakukan oleh bimbingan dan konseling agar menjadi santri yang bermoral, berbudi luhur akan taat peraturan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) langkah-langkah bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri di MTs. Al-Islam Joresan, (2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri di MTs. Al-Islam Joresan, dan (3) implikasi bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri di MTs. Al-Islam Joresan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari kepala madrasah, guru bimbingan dan konseling dan santri MTs. Al-Islam Joresan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data (Display Data), dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa Pertama, langkah guru bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri madrasah menerapkan kebijakan melalui 4 tahapan yakni: (1) Wali kelas, (2) Guru bimbingan dan Konseling, (3) Waka kesiswaan dan (4) Kepala madrasah. Dengan 4 tahapan ini memiliki proses penanganan masing-masing yang berbeda sesuai dengan masalah atau kasus yang dihadapi oleh peserta didik. Kedua, faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu komunikasi antara wali kelas, guru bimbingan dan konseling dan santri, kerjasama antara wali kelas dengan guru bimbingan dan konseling, adanya anggaran dana atau pembiayaan untuk sarana dan prasarana bimbingan dan konseling, penanggung jawab guru bimbingan dan konseling yang baik dan cepat tanggap, waktu serta adanya kegiatan program bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri seperti program workshop setiap awal tahun ajaran baru, buku BPKS (Buku Panduan Kegiatan Santri) dan buku catatan masing-masing kelas. Ketiga, implikasi atau dampak bimbingan dan konseling dalam mendisiplinkan santri yaitu perubahan baik dalam kedisiplinan santri pada saat proses pembelajaran, aktif terutama kehadiran dan keaktifan santri masuk kelas, peningkatan dalam belajarnya, meningkatnya perhatian terhadap belajar serta menjadikan motivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:03
Last Modified: 08 Jun 2023 18:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23850

Actions (login required)

View Item View Item