..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN NORMATIF TERHADAP JUAL BELI HANDPHONE BEKAS DI GRUP FACEBOOK JUAL BELI HANDPHONE BEKAS MAGETAN

Wardhana, Rama Octa (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN NORMATIF TERHADAP JUAL BELI HANDPHONE BEKAS DI GRUP FACEBOOK JUAL BELI HANDPHONE BEKAS MAGETAN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190158_RAMA OCTA W_HES.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wardhana, Octa Rama. 2023. Jual Beli Handphone Bekas : Tinjauan Normatif Terhadap Jual Beli Handphone Bekas Di Facebook (Studi Kasus Jual Beli Handphone Bekas Magetan) Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahyu Saputra S.H.I., M.H.Li
Kata kunci/keywords : Jual Beli, Handphone Bekas, Normatif, Facebook.
Jual beli menjadi aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia, saat ini jual beli tidak harus bertatap muka untuk melakukannya yaitu jual dapat dilakukan melalui online. Berdasarkan Prinsip Syariah menyebutkan bahwa ketentuan barang yang dijual melalui online harus milik sepenuhnya oleh penjual. Selain itu didalam ketentuan keabsahan akad, penjual harus menyebutkan barang dengan jelas kepada pembeli. Dalam praktik jual beli handphone bekas di grup facebok Magetan masih adakah penjual yang jujur terkait penjelasannya terhadap handphone yang dijual dan masih adakah yang bertentangan dengan ketentuan keabsahan akad yaitu tidak menjelaskan secara rinci terhadap kondisi handphone yang diperjualbelikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana tinjauan normatif terhadap keabsahan akad dalam jual beli handphone bekas di grup facebook jual beli handphone bekas Magetan ? Bagaimana tinjauan normatif terhadap pelaksanaan hak khiyar dan garansi dalam jual beli handphone bekas di grup facebook jual beli handphone bekas Magetan ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) akad yang dilakukan ketika melaksanakan jual beli yang terjadi di grup facebook jual beli handphone bekas Magetan ada yang sudah jujur dan sesuai dengan ketentuan akad jual beli dan rukun keabsahan akad, akan tetapi juga ada yang masih bertentangan dengan ketentuan rukun keabsahan akad yaitu penjual tidak menjelaskan secara benar dan rinci terhadap objek yang diperjualbelikan. 2) Penerapan hak khiyar dan garansi yang dilakukan di grup facebook handphone bekas Magetan sudah ada yang benar-benar menerapkannya dan masih ada yang belum benar-benar menerapkannya dan juga untuk Perlindungan konsumennya yaitu admin akan mengeluarkan dari grup terhadap penjual yang melakukan penipuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: WAHYU SAPUTRA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:02
Last Modified: 08 Jun 2023 18:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23847

Actions (login required)

View Item View Item