Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun

Saputro, Yusron Rizqi (2023) Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD ETHESES YUSRON.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian guru dalam mengajar dengan arahan yang sudah diberikan oleh Kepala Sekolah diawal tahun ajaran. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal sehingga permasalahan tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas pemahaman siswa. Dalam hal ini supervisi Kepala Sekolah membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan bimbingan kepada guru dengan melaksanakan supervisi kelompok dan supervisi individu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun, dan untuk mengetahui bagaimana dampak supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun.
Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data Kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan yang tekun, triangulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi.
Temuan yang diperoleh dalam manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo adalah ada 4 tahap. Tahap pertama perencanaan, pada tahap tersebut kepala sekolah membuat langkah-langkah yang akan dilakukan dalam melakuan supervisi. Tahap kedua pengorganisasian, pada tahap ini kepala sekolah membuat pembagian tugas/kerja kedalam kelompok yang lebih kecil serta mengkoordinasikannya dalam rangka mencapai tujuan supervisi yang telah ditentukan. Tahap ketiga pelaksanaan, pada tahap ini kepala sekolah melaksanakan observasi atau kunjungan kelas untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, selain itu pada tahap ini kepala sekolah juga melakukan tindak lanjut atas hasil dari pelaksanaan observasi dan kunjungan kelas tersebut dengan teknik supervisi individu dan teknik supervisi kelompok. Tahap keempat pengawasan, pada tahap ini Kepala Sekolah melakukan monitoring atau pengawasan terhadap guru setelah dilakukan tindak lanjut supervisi. Hal tersebut dilakukan dengan teknik individu dan kelompok. Sedangkan dampak manajemen supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun adalah dapat membantu guru untuk berkembang dalam ruang lingkup pembelajaran, dapat memperbaiki keterampilan mengajar guru mulai dari strategi, metode, dan teknik pembelajaran guru dalam memperluas pengetahuan guru, membantu para guru untuk belajar tentang bagaimana meningkatkan kemampuan dan kualitasnya agar peserta didik dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Dr. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I dan Dr. Syafiq Humaisi, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:01
Last Modified: 08 Jun 2023 18:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23845

Actions (login required)

View Item View Item