..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENANAMAN RASA UKHUWAH ISLAMIYAH MELALUI KEGIATAN ONE DAY ONE JUZ PADA GURU PAUD KECAMATAN WONOASRI, MADIUN

Ariyanti, Syabila (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENANAMAN RASA UKHUWAH ISLAMIYAH MELALUI KEGIATAN ONE DAY ONE JUZ PADA GURU PAUD KECAMATAN WONOASRI, MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190273_Syabila Ariyanti_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ariyanti, Syabila. 2023. Penanaman Rasa Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan One Day One Juz Pada PAUD Kecamatan Wonoasri, Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci : Ukhuwah Islamiyah, One Day One Juz, Baca Al-Qur’an

Dampak negatif globalisasi perlahan-lahan mengikis rasa persaudaraan pada diri manusia. Efek yang ditimbulkan sudah memasuki dunia pendidikan khususnya pada lingkugan pengajar atau pendidik. Sejatinya sebagai makhluk sosial sudah seharusnya terjalin interaksi dan persaudaraan yang kuat. Penanaman rasa persaudaraan atau ukhuwah Islamiyah dapat menjadi solusi untuk menghindari sifat individualis pada diri manusia sekarang ini. Kegiatan ODOJ dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menanamkan ukhuwah Islamiyah pada guru PAUD di lingkungan Kecamatan Wonoasri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pelaksanaan kegiatan one day one juz persatuan guru PAUD Kecamatan Wonoasri; (2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan one day one juz dalam menanamkan rasa ukhuwah Islamiyah guru PAUD Kecamatan Wonoasri; (3) implikasi kegiatan one day one juz dalam menjalin ukhuwah Islamiyah guru PAUD Kecamatan Wonoasri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer melakukan wawancara dengan pembina ODOJ, ketua ODOJ, ketua devisi ODOJ. Sumber data sekunder dalam bentuk dokumen. Peneliti menganalisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan ODOJ yang dilakukan oleh guru PAUD di lingkungan Kecamatan Wonoasri meliputi setiap anggota mengisi list juz, membaca Al-Qur’an, mengisi infak sesuai kesepakatan bersama, mengadakan khataman setiap satu bulan sekali dan makan bersama. (2) Faktor pendukung kegiatan ODOJ yaitu anggota menjalankan kegiatan dengan senang hati, pemanfaatan teknologi informasi yaitu media sosial WhatsApp dan faktor penghambat ada anggota yang tidak aktif, dan belum tersedianya tempat khusus untuk menjalankan kegiatan ODOJ. (3) Implikasi kegiatan one day one juz berhasil dalam menanamkan ukhuwah Islamiyah wathaniyah an-nasab, ukhuwah Islamiyah al-ubudiyah, dan ukhuwah Islamiyah al-insaniyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 18:00
Last Modified: 08 Jun 2023 18:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item