MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI PRIMARY LEVEL 5 & 6 ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN

Elfiana, Rika (2023) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI PRIMARY LEVEL 5 & 6 ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_RIKA ELFIANA_Dr.Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I & Dr. Sugiyar, M.Pd.I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen, Program Pendidikan Al-Qur’an, Primary Level

Keunggulan yang disasar oleh masyarakat dalam rangka menjawab tantangan krisis moral anak bangsa adalah pendidikan yang dapat menciptakan nilai dan karakter iman yang kuat pada diri anak sehingga dapat menjadi pedoman untuk menjalankan kehidupan kelak. Pendidikan Al-Qur’an yang ada pada suatu lembaga pendidikan adalah salah satu keunggulan yang pada saat ini banyak dicari oleh masyasrakat. Pengelolaan pada setiap program pendidikan dalam rangka memaksimalkan seluruh komponen program merupakan hal krusial dalam keberlangsungan program. Ketepatan dalam pengelolaan manajemen program pendidikan Al-Qur’an akan menjadi faktor penentu berhasil atau tidaknya sebuah program diterapkan dalam suatu lembaga. Islamic International School PSM Magetan menguatkan program pendidikan Al-Qur’an yang diterapkan dilembaganya dengan menggandeng Ummi Foundation untuk menciptakan pengelolaan program pendidikan Al-Qur’an yang tepat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian berisi tentang pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data, dan gambar kesimpulan.
Dari penelitian yang sudah dilakukan didapatkan hasil: 1) manajemen pengorganisasian dan pelaksanaan program pendidikan di primary level 5 & 6 Islamic International School PSM Magetan adalah dengan menentukan metode yang digunakan untuk menguatkan, yakni metode Ummi, menata sistem pembelajaran metode Ummi, menentukan dan membagi guru-guru Al-Qur’an ke dalam kelompok-kelompok mengaji sesuai dengan kemampuan siswa, menentukan target pembelajaran, pembelajaran tartil, tahafidz, dan turjuman, mempersiapkan dokumen dan alat pembelajaran, upgrading guru Al-Qur’an, pelaksanaan pembelajaran dengan kreatif dan inovatif. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pendidikan dengan menggunakan metode Ummi Islamic Internasional School PSM Magetan yaitu; good will management, Sertifikasi guru, tahapan pelaksanaan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, mastering learning yang konsisten, waktu yang memadai, rasio guru dan siswa yang proporsional, kontrol internal dan eksternal, progress report setiap siswa, koordinator yang handal, dan dukungan wali murid. Faktor penghambat dalam pelakasanaan program pendidikan Al-Qur’an metode Ummi Islamic International School PSM Magetan yaitu: a) Sarana prasarana; kekurangan ruangan kelas dalam pelaksanaannya, b) Guru; ketidakdisiplinan dalam jam pelajaran, c) Siswa; kehadiran siswa izin maupun sakit, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda, gaya belajar siswa yang berbeda-beda. 3) Dampak program pendidikan Al-Qur’an di primary level 5 & 6 Islamic International School PSM Magetan yaitu: terciptanya peserta didik yang aktif dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri, tercapainya tujuan pendidikan yang efektif dan efisien, terbekalinya tenaga kependidikan dengan ilmu dan teori tentang proses maupun tugas administrasi pendidikan, terselesaikannya masalah mutu pendidikan, menciptakan budaya baru membuat kelompok-kelompok mengaji antar wali murid.

QURAN EDUCATION PROGRAM MANAGEMENT AT PRIMARY LEVEL 5 & 6 ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL SABILIL MUTTAQIEN MAGETAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL
ABSTRACT
Keywords: Management, Al-Qur'an Education Program, Primary Level
The excellence that is being targeted by the community in responding to the challenges of the moral crisis of the nation's children is education that can create strong faith values ​​and character in children so that they can become guidelines for living life in the future. Al-Qur'an education in an educational institution is one of the advantages that are currently being sought by the community. Management of each education program in order to maximize all program components is crucial in program sustainability. Accuracy in the management of Al-Qur'an education programs will be a determining factor for the success or failure of a program implemented in an institution. The Islamic International School PSM Magetan strengthens the Al-Qur'an education program that is implemented in its institution by collaborating with the Ummi Foundation to create proper Al-Qur'an education program management.
This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Methods in collecting data using observation, interviews, and documentation. Analysis of research data contains data collection, data condensation, data display, and drawing conclusions.
From the research that has been done, the results are: 1) the management of organizing and implementing educational programs at primary level 5 & 6 Islamic International School PSM Magetan is by determining the method used to strengthen, namely the Ummi method, organizing the Ummi method learning system, determining and dividing teachers -Teacher of the Qur'an into recitation groups according to student abilities, determining learning targets, tartil, tahafidz, and turjuman learning, preparing documents and learning tools, upgrading Al-Qur'an teachers, implementing creative and innovative learning . 2) Supporting factors in the implementation of educational programs using the Ummi Islamic International School PSM Magetan method, namely; good will management, teacher certification, good and correct implementation stages, clear and measurable targets, consistent mastering learning, adequate time, proportional teacher and student ratios, internal and external controls, progress reports for each student, reliable coordinators, and parental support. The inhibiting factors in the implementation of the Al-Qur'an education program using the Ummi Islamic International School PSM Magetan method are: a) Infrastructure; shortage of classrooms in its implementation, b) Teachers; indiscipline in class hours, c) Students; the presence of permit and sick students, and the different abilities of students, the different learning styles of students. 3) The impact of the Al-Qur'an education program at primary level 5 & 6 Islamic International School PSM Magetan, namely: the creation of students who are active in developing their potential, the achievement of effective and efficient educational goals, the provision of educational staff with knowledge and theories about the processes and tasks of educational administration, solving the problem of quality of education, creating a new culture, making groups recite the Koran among students' guardians.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Dr. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I & Dr. Sugiyar, M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 17:56
Last Modified: 08 Jun 2023 17:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23840

Actions (login required)

View Item View Item