Manajemen Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di MTsN 2 Ponorogo

Kumala, Dilla Nurfaiza (2023) Manajemen Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Dillan Upload Perpus.pdf

Download (747kB)

Abstract

Kumala, Dilla Nurfaiza. 2023. Manajemen Program Perpustakaan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa di MTsN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fu’adi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen, Program Perpustakaan, Kemampuan Literasi.
Pendidikan di Indonesia memiliki peringkat yang masih rendah dibandingkan dengan negara lain dalam aspek sistem pendidikan. Salah satu faktornya ialah rendahnya tingkat literasi atau minat baca pada siswa maupun mahasiswa. Karena itu, kehadiran perpustakaan sekolah menjadi salah satu upaya pihak sekolah untuk ikut andil dalam mengatasi permasalahan tersebut. Namun, untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa, perpustakaan sekolah perlu dikelola dengan baik agar mampu menjalankan fungsi perpustakaan secara optimal dengan menggunakan manajemen perpustakaan sekolah pada setiap kegiatan programnya. Hal ini merupakan langkah yang sangat penting sebagai upaya solusi dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, (2) Pelaksanaan program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, (3) Evaluasi program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajan data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan conformability.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di MTsN 2 Ponorogo meliputi: (a) Menganalisis lingkungan perpustakaan sekolah dengan analisis SWOT, (b) Melaksanakan rapat dengan sistem metode Top-Bottom-Top dengan pelibatan warga sekolah, (c) Menetapkan program perpustakaan. (2) Pelaksanaan program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di MTsN 2 Ponorogo, meliputi: (a) Adanya strategi pada program perpustakaan, (b) Adanya layanan pengguna dan teknis pada operasional perpustakaan, (c) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program. (3) Evaluasi program perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa di MTsN 2 Ponorogo meliputi: (a) Proses evaluasi dilaksanakan dalam dua macam, yaitu evaluasi resmi yang diadakan di awal semester dan evaluasi rutin yang diadakan setiap satu bulan sekali; (b) Adanya dampak dan respon yang baik dari warga madrasah; (c) Adanya hambatan atau kendala yang dihadapi; (d) Hasil evaluasi dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 17:53
Last Modified: 08 Jun 2023 17:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item View Item