Tinjauan Maslahah Terhadap Efektivitas Program Keluarga Harapan Di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Utomo, Auliya Rahman (2023) Tinjauan Maslahah Terhadap Efektivitas Program Keluarga Harapan Di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210216042_Auliya rahman utomo_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Utomo, Auliya Rahman. 2023.Tinjauan Maslahah Dalam Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agamma Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, MA.g
Kata Kunci: Tinjauan Maslahah, Program Keluarga Harapan, Hukum Ekonomi Syariah.
Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program yang dibuat oleh Kementrian Sosial RI yang berdasarkan pada Perpres No. 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan. Tujuan utama Program Keluarga Harapan (PKH) adalah meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial dalam mendukung tercapainya kualitas hidup keluarga miskin. Target sasaran penerima PKH adalah adalah rumah tangga atau keluarga sangat miskin (RTSM/KSM) yang memenuhi minimal satu dari kriteria seperti anak usia 0-6 tahun, ibu hamil/nifas, lansia diatas 70 tahun, dan disabilitas berat. Pelaksanaan program tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia, dimana peserta program PKH tidak memeriksakan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan anak berusia 0-6 tahun. Peserta lansia yang mendapatkan PKH juga tidak mengikuti kegiatan di bidang kesejahteraan sosial seperti senam dan kerja bakti bagi keluarga yang memiliki komponen lanjut usia mulai dari 60 (enam puluh) tahun setiap bulannya.
Berdasarkan fenomena tersebut adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun? Bagaimana tinjauan maslahah dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa tugas dan tanggungjawab pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) secara umum adalah melaksanakan tugas pendampingan kepada RTSM/KSM peserta PKH. Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Ketawang dalam pendekatan sumber termasuk dalam kategori baik, namun terdapat kekurangan, sehingga dimohon sebagai pendamping desa agar memberikan sosialisai lebih lagi kepada masyarakat khususnya yang tidak sekolah dan yang tidak mengerti agar lebih diperhatikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 17:52
Last Modified: 08 Jun 2023 17:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item View Item