Strategi Guru dalam Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Akademik di MIN 3 Ponorogo

Herlina, Felin (2023) Strategi Guru dalam Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Akademik di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190240_FELIN HERLINA_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Herlina, Felin. 2023. Strategi Guru dalam Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Akademik di MIN 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Guru, Strategi

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan untuk mengembangkan potensi diri peserta didik, dalam proses pembelajaran guru memiliki peran yang sangat besar untuk mengontrol jalannya pembelajaran dan mengontrol suasana kelas sehingga dapat tercipta suasana yang nyaman dan kondusif untuk belajar peserta didik. Salah satu problematika yang sering kali muncul pada pembelajaran yakni peserta didik yang belum mencapai hasil belajarnya dengan baik begitupun yang dialami peserta didik di MIN 3 Ponorogo yang mengalami kesulitan belajar akademik sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas atas dari kelas empat hingga enam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar akademik yang dialami oleh peserta didik di MIN 3 Ponorogo, dan (2) untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru dalam menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akademik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus atau case study. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2023 setelah pelaksanaan seminar proposal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di MIN 3 Ponorogo yakni kesulitan belajar akademik dengan bentuk kesulitan menulis, berhitung, dan membaca. Bentuk kesulitan belajar akademik di MIN 3 Ponorogo yang paling banyak dijumpai adalah kesulitan berhitung. (2) Strategi yang diterapkan untuk kesulitan menulis yakni menggunakan media smart TV, memberikan motivasi, memperbanyak latihan menulis. Strategi yang diterapkan untuk kesulitan berhitung yakni melakukan remedial, menyuarakan konsep dasar matematika, memberikan motivasi dan apresiasi, memvisualisasikan konsep dengan smart TV, dan mengasosiasikan materi dengan kehidupan sehari-hari. Strategi yang diterapkan guru untuk kesulitan belajar akademik dengan kesulitan membaca yakni dengan penerapan fluency instruction (latihan membaca secara terukur), spelling and writing instruction (apresiasi hasil pemahaman) dan menerapkan comprehension instruction (mengevaluasi pemahaman yang dibaca).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 17:51
Last Modified: 08 Jun 2023 17:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23834

Actions (login required)

View Item View Item