Relevansi Etika Peserta Didik Generasi Z dengan Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim Karya KH Hasyim Asyari

Hanifah, Syifa Nur (2023) Relevansi Etika Peserta Didik Generasi Z dengan Kitab Adabul Alim Wal Mutaalim Karya KH Hasyim Asyari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190275_SYIFA NUR HANIFAH_SKSRIPSI .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanifah, Syifa Nur. 2023. Relevansi Etika Peserta Didik Generasi Z Dengan Kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alim. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M. Pd. I.

Kata Kunci: Etika, Peserta didik, Generasi Z, Kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alim.

Adab atau etika tidak pernah terlepas dengan dunia pendidikan, selalu berhubungan dengan aspek-aspek sikap maupun nilai. Pada dasarnya etika memiliki kedudukan yang sangat agung, sebab etika merupakan nilai-nilai yang berkaitan dengan cara seseorang berperilaku dengan baik. Namun sayangnya saat ini hal tersebut telah dilupakan. Etika dan nilai norma telah mengalami pergeseran. Sudah menjadi tugas pendidikan untuk mendidik karakter peserta didik, namun saat ini dunia pendidikan terkesan kehilangan ruh ketika banyak peserta didik generasi Z yang bersikap acuh dan tidak memperdulikan etika sebagai peserta didik.
Dari banyaknya penyimpangan etika yang dilakukan oleh peserta didik sebab masih minimnya pemahaman peserta didik terkait etika dalam menuntut ilmu yang harusnya diterapkan, menururt peneliti pemikiran KH. Hasyim Asyari yang tertuang dalam kitab “Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alim” sangat relevan untuk menjawab atau menjadi solusi dari peroblem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Etika Peserta Didik Generasi Z; (2) Konsep Etika Peserta Didik dalam Kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alim Karya KH. Hasyim Asyari dan Relevansinnya dengan Peserta Didik Generasi Z.
Peneliti bermaksud untuk meneliti dan membedah permasalahan tersebut, dengan menggunakan literatur kajian pustaka (library research). Dengan menggunakan metode analisis isi (Analysis Content) yakni sebuah alat riset yang digunakan untuk menyimpulkan kata atau konsep yang tampak di dalam teks atau rangkaian teks. Analisis isi sebagai suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru (replicable) dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya.
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Saat ini generasi Z mengalami kemerosotan moral yang disebabkan oleh pola kehidupan generasi Z yang semenjak kelahiarannya telah akrab dengan teknologi internet dan sosial media. (2) Konsep etika peserta didik dalam Kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alim meliputi: Etika pribadi bagi peserta didik ketika menuntut ilmu dan Etika peserta didik terhadap gurunya dan terdapat relevansi antara etika dan karakter peserta didik generasi Z dengan kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alimm, Terdapat relevansi antara etika generasi Z dengan kitab Ada>bul ‘A>lim Wal Muta’alimm salah satunya, menghormati dan memuliakan guru serta kitab-kitabnya, pendapat KH. Hasyim Asyari relevan dengan peserta didik di jepang. Masyarakat jepang sangat menghargai apapun yang berkaitan dengan ilmu, termasuk kepada guru dan buku yang merupakan sumber ilmu. Sehingga jepang tercatat sebagai negara dengan rata-rata IQ tertinggi di dunia pada tahun 2021 menurut World Population Review.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:59
Last Modified: 08 Jun 2023 06:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23826

Actions (login required)

View Item View Item