Komunikasi Jarak Jauh Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo (Angkatan 2019) Dengan Orang Tua Dalam Menjaga Tali Silaturahmi

Ma'arif, Luqman (2023) Komunikasi Jarak Jauh Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo (Angkatan 2019) Dengan Orang Tua Dalam Menjaga Tali Silaturahmi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e-thesis_Luqman Ma'arif (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ma’arif, Luqman. 2019. Komunikasi Jarak Jauh Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo (Angkatan 2019) dengan Orang Tua dalam menjaga tali Silaturahmi. Jurusan Komunikai Penyiaran Islam Institut Agama Islam (IAIN) Negeri Ponoogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M. Ag.
Kata kunci: Komunikasi, Jarak Jauh, Anak, Orang Tua, Silaturahmi
Komunikasi merupakan aspek paling penting dalam kehidupan manusia, jarang disadari bahwa tidak seorang pun dapat melepaskan diri dari aktivitas komunikasi, apalagi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi jarak jauh merupakan salah satu jenis komunikasi yang digunakan untuk memberikan kabar antara satu orang dengan satu orang lain dan biasanya bersifat intim, seperti komunikasi jarak jauh antara anak dengan orang tua, media komunikasi yang digunakan orang tua dengan anak ketika jarak jauh yaitu menggunakan telepon atau SMS.
Kemudian yang menjadi pokok permasalahan adalah 1) media apa yang digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan komunikasi dalam menjaga tali silaturahmi? 2) apa materi pesan yang dibicarakan oleh mahasiswa saat berkomunikasi dalam menjaga tali silaturahmi? 3) bagaimana respon mahasiswa terhadap pesan yang diberikan oleh orang tua?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan informan yang menjadi narasumbernya adalah Mahasiswa dan Orang tua. Teori yang digunakan menggunakan teori Motivasi dan harapan Victor Vroom.
Dari penelitian ini dapat diperoleh bahwa hasil penelitian yang dilakukan 1) komunikasi yang dilakukan Mahasiswa dengan orang tua dilakukan melalui telepon, chatting, dan video conference 2) materi pesan yang sering dibicarakan antara mahasiswa dan orang tua adalah membicarakan tentang keuangan anak diperantauan dan kondisi Kesehatan. tidak ada konten pembahasan dalam komunikasi yang menarik sehingga komunikasi terasa berkualitas dan intens, 3) mahasiswa merespon aktif dan positif terhadap pesan yang diberikan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:58
Last Modified: 08 Jun 2023 06:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23824

Actions (login required)

View Item View Item