Kepribadian Ideal dalam Islam Perspektif Pemikiran Prof Dr. Buya Hamka dan Relevansinya dengan Kepribadian Muslim pada Abad 21

Rohmah, Rona Alfianti (2023) Kepribadian Ideal dalam Islam Perspektif Pemikiran Prof Dr. Buya Hamka dan Relevansinya dengan Kepribadian Muslim pada Abad 21. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190248_RONA ALFIANTI ROHMAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohmah, Rona Alfianti. 2023. Kepribadian Ideal dalam Islam Perspektif Pemikiran Prof. Dr. Buya Hamka dan Relevansinya dengan Kepribadian Muslim pada Abad 21. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Kepribadian Ideal, Prof. Dr. Buya Hamka, Abad 21.

Setiap muslim diharapkan memiliki kepribadian yang sanggup merespon semua tuntutan agama dalam kehidupan yang mencakup akidah (keyakinan), ibadah yang benar, pengalaman dan penerapan ajaran-ajaran agama Islam. Namun, muslim saat ini sedang dihadapkan pada berbagai permasalahan baik dari segi ekonomi, politik, maupun pendidikan yang menyebabkan kepribadian muslim menjadi menyimpang. Degradasi moral menjadi salah satu problematika yang utama. Banyak kasus penyelewangan perilaku dan karakter yang perlu ditangani. Sehingga, perlu adanya kajian mengenai kepribadian agar seorang muslim memiliki kepribadian yang ideal sesuai syariat Islam meskipun hidup di era digital atau abad 21. Untuk itu Peneliti memilih sosok Prof. Dr. Buya Hamka sebagai tokoh yang pemikirannya mampu menanggapi berbagai problematika yang tengah dihadapi masyarakat yang erat kaitannya dengan karakter-karakter yang seharusnya dimiliki seorang muslim.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kepribadian ideal dalam Islam Perspektif Prof. Dr. Buya Hamka, 2) mendiskripsikan kepribadian muslim pada abad 21, 3) mendeskripsikan relevansi kepribadian ideal dalam Islam perspektif Prof. Dr. Buya Hamka dengan kepribadian muslim pada abad 21.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis kepustakaan (library research). Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), artinya Peneliti melakukan analisis terhadap isi atau konten yang terdapat pada sumber utama dan pada sumber-sumber lainnya. Sumber data primer pada penelitian ini adalah buku Pribadi Hebat karya Prof. Dr. Buya Hamka. Sumber data sekunder yang digunakan sebagai sumber data khusus dan pelengkap, diambil dari buku-buku yang relevan dengan pembahasan.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa 1) konsep kepribadian ideal dalam Islam perspektif Prof. Dr. Buya Hamka meliputi daya tarik, cerdik, bijaksana dan bijak dalam berbicara, berpandangan baik, tahu diri, kesehatan tubuh, percaya kepada diri sendiri, pengaruh agama dan iman serta salat dan ibadah. 2) Kepribadian perspektif Prof. Dr. Buya Hamka tersebut memiliki relevansi dengan kepribadian muslim pada abad 21. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesesuaian karakter yang dimunculkan Prof. Dr. Buya Hamka dengan karakter Muslim pada abad 21, seperti a) bijak dalam berbicara dengan kemampuan berkomunikasi, b) cerdik dengan kemampuan berpikir kritis, c) percaya kepada diri sendiri dengan kemampuan kreatif, d) daya tarik dengan kemampuan berkolaborasi, e) pengaruh agama dan iman serta salat dan ibadah dengan nilai karakter religius, f) berpandangan baik dengan nilai nasionalisme dan integritas, g) tahu diri dengan nilai gotong-royong dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 09 Jun 2023 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23822

Actions (login required)

View Item View Item