Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun

Zuhriyyah, Aminatuz (2023) Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190021_Aminatuz Zuhriyyah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Zuhriyyah, Aminatuz. 2023. Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci : Pelaksanaan, Pembiasaan, SKUA.
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Tugas guru selain menyampaikan ilmu pengetahuan, guru harus menjadi teladan yang baik bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan
teknologi yang semakin canggih, sehingga memunculkan berbagai kekhawatiran terhadap perubahan yang terjadi pada siswa, seperti degradasi moral. Dalam hal ini, guru di MAN 4 Madiun melaksanakan program Standar Kecakapan Ubudiyah dan
Akhlakul Karimah (SKUA) yang dikeluarkan oleh kepala kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Program SKUA ini dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan ini bertujuan untuk meningkatkan ubudiyah dan
akhlakul karimah siswa MAN 4 Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun; (2) Faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun; (3) Dampak
Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan Miles, Hubeman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan program SKUA melalui kegiatan pembiasaan ini ada dua jenis yaitu pertama, pembiasaan yang termasuk ubudiyah seperti membaca surat-surat pendek, shalat dhuha dan
shalat dhuhur berjamaah. Kedua, pembiasaan yang termasuk akhlakul karimah yaitu siswa berjabat tangan dengan guru sebelum masuk kelas dan melantunkan Asmaul Husna. (2) Faktor pendukung pelaksanaan program SKUA melalui kegiatan pembiasaan adalah pada minat siswa, fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap, dan keaktifan guru pendamping. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterlambatan siswa, kurangnya kefokusan siswa, latar belakang siswa yang berbeda-beda. (3) Dampak positif pelaksanaan program SKUA melalui kegiatan pembiasaan yaitu memberikan efek yang baik pada peserta didik jika dapat melaksanakan secara konsisten, memberikan penguatan juga terhadap materi PAI dan memberikan solusi terhadap kelemahan baca tulis al-Qur’an. Sedangkan untuk dampak negatifnya yaitu dapat mengurangi waktu belajar siswa untuk mata pelajaran utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:51
Last Modified: 08 Jun 2023 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item View Item