Kepemimpinan Pembelajaran Guru Penggerak dalam Program Merdeka Belajar di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa Kabupaten Ponorogo

Masruroh, Binti (2023) Kepemimpinan Pembelajaran Guru Penggerak dalam Program Merdeka Belajar di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Tesis Binti Masruroh_502210011_Kirim Perpus.pdf

Download (4MB)

Abstract

KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN
GURU PENGGERAKDALAM PROGRAM MERDEKA BELAJAR
DI TK GARUDADAN TK PKK TUNAS BANGSA
ABSTRAK

Kebijakan Kementerian pendidikan Merdeka Belajar Guru Penggerak sebagai wujud dari usaha pemerintah guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik, maka langkah strategis yang dilakukan adalah dengan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi guru yang berupa pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran dalam transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Kondisi awal pemahaman guru di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa belum memahami makna dan kompetensi pemimpin pembelajaran yang menjadi fokus pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan oleh kementrian pendidikan dan guru belum sepenuhnya memahami makna merdeka belajar maupun pemanfaatan lingkungan serta selama ini pelatihan bagi guru tersentralisasi pada peran pengawas sehingga makna merdeka belajar masih sangat terbatas.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ciri-ciri kepemimpinan pembelajaran guru penggerak dalam program merdeka belajar, 2) mengetahui kompetensi guru penggerak dan 3) melihat dampak dari kepemimpinan pembelajaran guru penggerak bagi TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepemimpinan pembelajaran guru penggerak di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa telah memiliki kemampuan menetapkan tujuan, memanfaatkan sumberdaya strategis, mampu membantu perencanaan dan evaluasi pengajaran, mempromosikan satuan pendidikan dan berpartisipasi dalam pembelajaran serta pengembangan guru dan memastikan lingkungan yang mendukung pengembangan guru, 2) guru penggerak di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa menguasai kompetensi inti dari arah program guru penggerak, yaitu pengembangan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, memimpin manajemen sekolah, dan memimpin pengembangan sekolah, 3) kepemimpinan pembelajaran guru penggerak di TK Garuda dan TK PKK Tunas Bangsa berdampak baik bagi implementasi kurikulum merdeka belajar merdeka bermain yang sesuai dengan tujuan pendidikan anak usia dini.

Kata Kunci : Kepemimpinan Pembelajaran, Guru Penggerak, Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:48
Last Modified: 08 Jun 2023 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23818

Actions (login required)

View Item View Item