Penanaman Nilai Pendidikan Akhlak Birrulwalidain Melalui Syi'ir Ngudi Susilo Karya KH Bisri Mustofa di TPA An Nawawi Klitik Wonoasri Madiun

Sholihah, Aminatus (2023) Penanaman Nilai Pendidikan Akhlak Birrulwalidain Melalui Syi'ir Ngudi Susilo Karya KH Bisri Mustofa di TPA An Nawawi Klitik Wonoasri Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190020_Aminatus Sholihah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sholihah, Aminatus. 2023. Penanaman Nilai Pendidikan Akhlak Birrulwalidain Melalui Syi’ir Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Mustofa di TPA An Nawawi Klitik Wonoasri Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Erwin Yudi Prahara, M.Ag
Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Birrulwalidain, Syi’ir Ngudi Susilo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin krisisnya akhlak yang semakin memprihatinkan terutama akhlak pada anak. Krisisnya akhlak pad anak juga menjadi salah satu permasalahan yang ada di lingkungan TPA An Nawawi, rendahnya rasa hormat, sopan santun serta membantah orang tua masih menjadi permasalahan yang umum. Permasalahan akhlak pada anak dapat diatasi dengan adanya pendidikan, karena pendidikan memiliki peran penting sebagai salah satu upaya pembentukan dan perbaikan akhlak seseorang. TPA An Nawawi sendiri memiliki cara untuk menyampaikan pendidikan terutama perihal pendidikan akhlak pada anak, di antaranya melalui media syi’ir yaitu Kitab syi’ir Ngudi Susilo, kitab tersebut memberikan prinsip-prinsip pendidikan yang baik bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, dalam upaya membangun akhlak didalamnya, terutama bagaimana anak-anak harus berakhlak kepada orang tua mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman pendidikan akhlak birrulwalidain karya KH Bisri Mustofa di TPA An Nawawi; menganalisis faktor pendukung dan penghambat penanaman pendidikan akhlak birrulwalidain melaui syi’ir Ngudi Susilo karya KH Bisri Mustofa di TPA An Nawawi.
Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah TPA An Nawawi dengan subjek penelitian yakni kepala madrasah, ustadz/ustadzah, santri dan orang tua. Adapun teknik analisis data penulis menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan Pendidikan Akhlak Birrul Waidain dalam Syi’ir Ngudi Susilo karya KH Bisri Mustofa di TPA An Nawawi bisa dikatakan sudah baik dengan menggunakan metode pembiasaan, metode nasihat, metode teladan, metode perhatian dan hukuman sebagai metode pendukung daalam meningkatkan pendidikan akhlak tersebut.; (2) Faktor pendukung dan penghambat penanaman penanaman akhlak pendidikan akhlak birrulwalidain melaui syi’ir Ngudi Susilo. Faktor Pendukung adalah minat santri, bisa membaca pegon, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor menghambat adalah pemahaman dari syi’ir Ngudi Susilo, waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:47
Last Modified: 08 Jun 2023 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item View Item