Interaksi Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Ma’arif Balong

Nur Avitasari, Sindy (2023) Interaksi Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTS Ma’arif Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190461 SINDY NURAVITASARI PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Avitasari, Sindy Nur. 2023 Interaksi Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Perilaku Belajar
Interkasi teman sebaya merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi dalam pembentukan prilaku belajar siswa. Fakta yang telah ditemukan bahwa siswa kelas VIII C MTs Ma’arif Balong cara berinteraksi dengan teman sebayanya sangat berbeda dengan kelas lain. Bahkan kelas lain terdapat sebuah kejadian pembulian yang ada didalam kelas bersama teman sebayanya. Sedangkan siswa kelas VIII C mempunyai interaksi dengan teman sebayanya diantaranya satu dengan teman sebayanya cukup baik, walaupun sebagian anak itu kekurangan dalam pembelajaran tetapi mereka itu saling mau dalam berinteraksi. Bahkan saat diberikan tugas ibu guru atau bapak guru apabila terdapat yang kurang paham maka semuanya akan saling membantu. Maka dari itu hal tersebut dapat berpengaruh terhadap perilaku belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui interaksi teman sebaya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C (2) untuk mengetahui implikasi teman sebaya terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan model penelitian deskriptif kualitatif, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Interaksi teman sebaya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII C saling tolong menolong, saling menghormati dan juga saling peduli satu sama lain. Namun di sisi lain masih kekurangan terkait adab, misalnya terdapat murid yang ramai sendiri saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Implikasi teman sebaya terhadap perilaku belajar siswa pada saat pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung siswa kelas VIII C baik dari segi positif maupun negatif. Dampak positifnya yaitu seperti meniru kebiasaan yang baik, bertukar pendapat atau pikiran. Sedangkan dampak negatifnya yaitu seperti mengikuti perilaku dan perbuatannya yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:47
Last Modified: 08 Jun 2023 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item