Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme di Madrasah Diniyah Ulya Al Amiriyyah Mekar Agung Madiun

Ansori, Muchamad Jauhar (2023) Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme di Madrasah Diniyah Ulya Al Amiriyyah Mekar Agung Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502210064 Muchamad jauhar Ansori.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan merupakan kunci untuk mencapai kemajuan dan perkembangan bangsa. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas maka dibutuhkan dukungan dari berbagai faktor. Namun, salah satu faktor paling penting yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah kualitas tenaga pendidik. Berangkat dari hal tersebut maka manajemen tenaga pendidik berperan penting dalam meningkatkan profesionalisme guru di sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis:(1) Perencanaan tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme;(2) Pengadaan (recruitmen) tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme;(3) Pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme di madrasah diniyah ulya al amiriyyah mekar agung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme di madrasah diniyah ulya al amiriyyah mekar agung madiun, yaitu: (1) Dalam merencanakan tenaga pendidik, madrasah melakukan evaluasi dan analisis kebutuhan tenaga pendidik yang dilakukan setiap akhir semester. (2) Sehubungan dengan pengadaan (recruitmen) tenaga pendidik, maka langkah yang dilakukan oleh madrasah adalah: menentukan kebutuhan tenaga pendidik yakni madrasah melakukan analisis kebutuhan untuk menentukan jumlah dan jenis tenaga pendidik yang diperlukan, pengumuman lowongan secara terbuka dan transparan, seleksi administrasi yakni madrasah melakukan seleksi berdasarkan kualifikasi, seleksi tahap tulis dan wawancara, seleksi tahap penentuan, dan pengumuman hasil seleksi (3) Langkah yang ditempuh madrasah dalam pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dalam meningkatkan profesionalisme di madrasah diniyah ulya al amiriyyah mekar agung adalah: pelatihan dan pengembangan tenaga pendidik melalui workshop, seminar, atau program pengembangan profesional lainnya, memberi motivasi dan dorongan dengan cara madrasah memberikan pengakuan dan apresiasi kepada tenaga pendidik yang telah mencapai prestasi, membentuk tim atau kelompok kerja yang fokus pada pembinaan dan pengembangan tenaga pendidik dengan cara madrasah membentuk tim atau kelompok kerja yang terdiri dari tenaga pendidik dengan fokus pada pembinaan dan pengembangan, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, dan mengadakan evaluasi dan umpan balik. Dalam kesimpulannya, manajemen tenaga pendidik yang baik merupakan kunci utama dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Diniyah Ulya Al Amiriyyah Mekar Agung Madiun. Oleh karena itu, pimpinan madrasah perlu terus meningkatkan kualitas manajemen tenaga pendidik agar guru dapat meningkatkan profesionalismenya.

Kata Kunci : Manajemen Tenaga Pendidik, Profesionalisme, Madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:18
Last Modified: 08 Jun 2023 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item