..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM APHP (AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN) DI MAN 3 MADIUN

Sari, Putri Septian (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM APHP (AGRIBISNIS PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN) DI MAN 3 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190058 Putri Septian Sari MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Sari, Putri Septian. 2023. Manajemen Pembelajaran Program APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Afni Ma’rufah, M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, APHP, MAN 3 Madiun.

Seiring dengan perkembangan zaman globalisasi seperti sekarang ini yang menuntut untuk bergaya hidup materialistik dan didukung juga dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, eksistensi madrasah harus dipandang sebagai madrasah yang mampu mengantarkan peserta didik ke dalam dunia global yang serba teknologi, sehingga begitu seorang murid tamat atau lulus dari jenjang pendidikannya, ia telah memperoleh bekal keilmuan untuk siap terjun ke dunia kerja. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi praktisi maupun para pengelola Lembaga Pendidikan Islam (LPI) yang salah satunya berlabel madrasah program-program pengembangan berupa keterampilan. Dengan adanya Program Keterampilan yang diselenggarakan di MAN 3 Madiun tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari peserta didik agar lebih baik dan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran program Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), terkait : (1). Perencanaan Pembelajaran Program Agrbisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), (2). Pelaksanaan Pembelajaran Program Agrbisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), dan (3). Evaluasi Pembelajaran Program Agrbisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang diuraikan secara deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Guru Pengampu Program APHP, dan Siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran program APHP diawali pada tahun 1999, yang semula bernama PPHP (Pengolahan Produk Hasil Pertanian), kemudian berubah menjadi TPHP (Teknik Pengolahan Hasil Pertanian) dan yang terakhir adalah APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian). Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa madrasah yang menganggur karena tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, maka diadakannya program ini untuk mengatasi hal tersebut. Perencanaan diawali dengan adanya RPP, silabus, program tahunan, program semester, silabus, dan program harian yang mengikuti KMA nomor 184 tahun 2019. (2) Pelaksanaan pembelajaran APHP dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru harus melakukan kegiatan pengelolaan pembelajaran diantaranya adalah kegiatan pengelolaan tempat belajar/ruang kelas, pengelolaan bahan pelajaran, pengelolaan kegiatan bahan pelajaran, pengelolaan kegiatan dan waktu, pengelolaan siswa, pengelolaan sumber belajar, dan pengelolaan perilaku mengajar. (3) Evaluasi pembelajaran pada program APHP ada dua macam, yaitu evaluasi teoritis dan praktek. Evaluasi kendala yang muncul yaitu kendala jam pelajaran dan adanya keterbatasan biaya dalam membeli alat berat yang harganya relatif mahal. Hal ini dapat teratasi apabila madrasah selalu mengadakan perbaikan dari segi kualitas madrasah, guru, siswa dan elemen lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma’rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:13
Last Modified: 08 Jun 2023 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23790

Actions (login required)

View Item View Item