Peran Organisasi Rohis sebagai Lembaga Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo

Nindita, Anisa (2023) Peran Organisasi Rohis sebagai Lembaga Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190028_ANISA NINDITA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nindita, Anisa. 2023. Peran Organisasi Rohis sebagai Lembaga Keagamaan dalam Membentuk Sikap Religius Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci : Organisasi Rohis, Lembaga Keagamaan, Sikap Religius.
Pembentukan sikap religius sangat penting bagi siswa. Dewasa ini kita sering mendengar permasalahan terkait kenakalan siswa terutama pada usia remaja. Hal tersebut mendorong pihak sekolah untuk membentuk sikap religius pada siswa supaya siswa mampu berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Pembentukan sikap religius siswa di sekolah, salah satunya dapat dilakukan melalui organisasi Rohis. Sebagaimana di SMK PGRI 2 Ponorogo, pembentukan sikap religius siswa juga dilakukan melalui organisasi Rohis. Rohis merupakan organisasi keagamaan di sekolah yang memiliki berbagai bentuk kegiatan keagamaan sebagai wadah bagi siswa dalam memperoleh pengetahuan agama.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bentuk kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. 2) Dampak kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo. 3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Bentuk kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo terdiri dari kegiatan dakwah umum dan dakwah khusus. Adapun yang termasuk dakwah umum yaitu Mapahisba. Sedangkan yang termasuk dakwah khusus yaitu shalat dzuhur berjamaah, shalat Jum’at berjamaah, Jum’at amal, kajian muslimah, khataman Al-Qur’an, PHBI, dan pondok pesantren kilat. 2) Dampak kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu memberikan dampak yang positif. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan sikap religius siswa seperti disiplin dalam beribadah, rendah hati, bermanfaat bagi orang lain, serta keseimbangan hidup antara hablum minallah dan hablum minannas. 3) Faktor pendukung kegiatan keagamaan organisasi Rohis dalam membentuk sikap religius siswa kelas X SMK PGRI 2 Ponorogo antara lain adanya dukungan dari pembina dan guru PAI, adanya sarana prasarana yang memadai, adanya dana yang memadai, serta adanya motivasi dari siswa untuk mengikuti kegiatan Rohis. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, banyaknya kegiatan di sekolah, serta siswa kurang aktif dalam kegiatan Rohis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:12
Last Modified: 08 Jun 2023 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item