..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Masyarakat Krajan di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

Khasanah, Lufi (2023) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Masyarakat Krajan di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI E THESES LUFI KHASANAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khasanah, Lufi. 2023. Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Masyarakat Krajan di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Tokoh Agama, Karakter Religius
Karakter religius adalah suatu perilaku yang terbentuk dari kebijakan dan kebiasaan berdasarkan nilai keagamaan guna mendekatkan diri pada Allah SWT. Berdasarkan letak daerah yang strategis tokoh agama di dusun Krajan desa Wonokarto memiliki peran yang sentral untuk meningkatkan karakter religiusitas masyarakat. Berbagai penelitian terkait karakter religus telah banyak dilakukan, namun belum ada yang mengambil fokus peran tokoh agama.
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) upaya tokoh agama dalam meningkatkan karakter religius pada masyarakat, dan (2) implikasi peran tokoh agama dalam meningkatkan karakter religius pada masyarakat.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengambilan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara semitersruktur, dan dokumentasi. Observasi partisipan penelitan berasal dari tokoh agama dan masyarakat dusun Krajan di desa Wonokarto. Data penelitian dianalisis menggunakan model analisa Miles Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) upaya tokoh agama dalam meningkatkan karakter religius pada masyarakat Krajan di Desa Wonokarto Kecamatan Kabupaten Pacitan mendapatkan hasil yang ditunjukkan dengan adanya tokoh agama yang mampu membimbing masyarakat dalam hal keagamaan, mampu menumbuhkan jiwa pemimpin bagi para pemuda di masyarakat, mampu memberikan pengetahuan yang bersifat praktik, upaya tersebut dilakukan tokoh agama dalam peran kaderisasi, pengabdian diri dan pendakwah (2) Implikasi peran tokoh agama pada masyarakat Krajan dapat meningkatkan karakter religius, dimana karakter religius tersebut diantaranya taat kepada Allah SWT, ikhlas, tanggung jawab dan toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:11
Last Modified: 08 Jun 2023 03:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item