Komunikasi Nonverbal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak Tunawicara Di SLBN Jenangan

Umami, Shofwatul (2023) Komunikasi Nonverbal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak Tunawicara Di SLBN Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi shofwatul umami-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Umami, Shofwatul, 2023. Komunikasi Nonverbal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak Tunawicara Di SLBN Jenangan. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyiss Fithri Ajhuri, M.A.
Kata kunci/keyword: Komunikasi Nonverbal, Anak Tunawicara, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini mengkaji mengenai komunikasi nonverbal yan digunakan guru kepada anak tunawicara dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam di SLBN Jenangan. Penelitian terfokus bagaiamana penanaman salat agar lebih mudah diterima oleh anak tunawicara yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran dan berbicara. Latar belakang memilih penelitian di SLBN Jenangan karena merupakan salah satu SLB yang bersertifkat negeri di Ponorogo. Dalam sekolah ini menggunakan sistem tanam tumbuh dan juga memberikan keterampilan kepada peserta didik. Sehingga menghasilkan keterampilan-keterampilan yang indah walau peserta didik memiliki kebutuhan khusus. Dan tidak lupa menerapkan Pendidikan Agama Islam yang juga begitu penting. Sekolah ini tidak hanya terfokus pada pembelajaran saja tetapi mereka juga aktif mengikuti beberapa perlombaan –perlombaan yang dapat diikuti sehingga bisa mendapatkan beberapa gelar juara pada perlombaan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apa saja macam-macam komunikasi nonverbal yang di gunakan guru kepada anak tunawicara di SLBN Jenangan? (2 Bagaimana hasil penanaman Pendidikan Agama Islam kepada anak tunawicara melalui komunikasi nonverbal di SLBN Jenangan?
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). sedangkan teknik pengumpulan data degan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi nonverbal yang digunakan guru kepada murid tunawicara di SLBN Jenangan dalam menanamkan pendidikan salat dengan menggunakan empat macam komunikasi, yaitu terdiri dari bahasa isyarat, sentuhan (pedekatan), vidio dan alat peraga. Hasil dari penelitian ini adalah anak tunawicara sudah mengetahui dan dapat mempraktekkan salat dengan baik. Dilihat dari adanya kewajiban murid untuk melaksanakan salat dhuha dan dzuhur secara berjama’ah. Para peserta didik dapat mengikuti salat dengan baik dan tertib
Umami, Shofwatul, 2023. Komunikasi Nonverbal Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak Tunawicara Di SLBN Jenangan. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyiss Fithri Ajhuri, M.A.
Kata kunci/keyword: Komunikasi Nonverbal, Anak Tunawicara, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini mengkaji mengenai komunikasi nonverbal yan digunakan guru kepada anak tunawicara dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam di SLBN Jenangan. Penelitian terfokus bagaiamana penanaman salat agar lebih mudah diterima oleh anak tunawicara yang memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran dan berbicara. Latar belakang memilih penelitian di SLBN Jenangan karena merupakan salah satu SLB yang bersertifkat negeri di Ponorogo. Dalam sekolah ini menggunakan sistem tanam tumbuh dan juga memberikan keterampilan kepada peserta didik. Sehingga menghasilkan keterampilan-keterampilan yang indah walau peserta didik memiliki kebutuhan khusus. Dan tidak lupa menerapkan Pendidikan Agama Islam yang juga begitu penting. Sekolah ini tidak hanya terfokus pada pembelajaran saja tetapi mereka juga aktif mengikuti beberapa perlombaan –perlombaan yang dapat diikuti sehingga bisa mendapatkan beberapa gelar juara pada perlombaan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apa saja macam-macam komunikasi nonverbal yang di gunakan guru kepada anak tunawicara di SLBN Jenangan? (2 Bagaimana hasil penanaman Pendidikan Agama Islam kepada anak tunawicara melalui komunikasi nonverbal di SLBN Jenangan?
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). sedangkan teknik pengumpulan data degan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi nonverbal yang digunakan guru kepada murid tunawicara di SLBN Jenangan dalam menanamkan pendidikan salat dengan menggunakan empat macam komunikasi, yaitu terdiri dari bahasa isyarat, sentuhan (pedekatan), vidio dan alat peraga. Hasil dari penelitian ini adalah anak tunawicara sudah mengetahui dan dapat mempraktekkan salat dengan baik. Dilihat dari adanya kewajiban murid untuk melaksanakan salat dhuha dan dzuhur secara berjama’ah. Para peserta didik dapat mengikuti salat dengan baik dan tertib

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:09
Last Modified: 08 Jun 2023 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23779

Actions (login required)

View Item View Item