..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMK PEMKAB Ponorogo

Risdamayanti, Risdamayanti (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMK PEMKAB Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS-RISDAMAYANTI-Nur Kolis, Ph.D dan Tintin Susilowati, M.Pd..pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan profesi berkelanjutan merupakan upaya guru untuk meningkatkan karier dan profesinya yang dilakukan secara sistematik dan berkelanjutan dengan menggunakan berbagai cara dan wahana, misalnya diskusi antar teman sejawat, KKG/MGMP dan sejenisnya, belajar daring, mengikuti diklat/seminar, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Guru profesional dapat menggerakkan dinamika kemajuan pendidikan nasional. Sehingga diperlukan suatu proses pembinaan berkesinambungan, tepat sasaran dan efektif. Proses dalam menghasilkan guru profesional perlu dukungan semua unsur yang terkait dengan guru. Unsur-unsur tersebut dapat dipadukan untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat bekerja menuju pembentukan guru-guru yang profesional dalam kualitas maupun kuantitas yang mencukupi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk program implementasi PKB guru dalam meningkatkan kompetensi profesional di SMK PEMKAB. 2). Memaparkan dan menganalisis implementasi program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK PEMKAB Ponorogo. 3) Menjelaskan dan menganalisis implikasi program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMK PEMKAB Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif yang dikemukakan Matthew dan A.Michael Huberman dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Temuan yang diperoleh dari implementasi PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu 1). Bentuk-bentuk program implementasi PKB guru dalam meningkatkan kompetensi profesional di SMK PEMKAB yang meliputi pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan guru yang direfleksikan dalam pembelajaran, publikasi ilmiah dengan kegiatan penyusunan modul dan penyusunan penelitian dalam bidang pendidikan dan karya inovatif dengan kegiatan pembuatan alat peraga serta penyusunan pedoman soal ujian berupa kisi-kisi. 2) PKB guru di SMK PEMKAB Ponorogo diimplementasikan ke dalam pelatihan-pelatihan secara berkelanjutan. Pelatihan yang diikuti oleh guru tersebut dimulai dari adanya perencanaan melalui rapat kinerja tahunan yang diikuti oleh seluruh pemangku pendidikan. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan, refleksi serta evaluasi. 3) Program PKB dalam meningkatkan kompetensi profesional guru SMK PEMKAB Ponorogo didukung oleh beberapa faktor seperti guru, lembaga dan dinas kependidikan sehingga memberikan implikasi positif yang bermanfaat bagi guru dalam menambah pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu meningkatkan kompetensi profesionalnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:07
Last Modified: 08 Jun 2023 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23767

Actions (login required)

View Item View Item