Implementasi Punishment Di MAN 3 Magetan dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Balegondo Magetan Dalam Membentuk Kedisiplinan (studi multi situs antara lembaga pendidikan dan lembaga sosial)

Amri, Arijalu Khowamu Salisa (2023) Implementasi Punishment Di MAN 3 Magetan dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Balegondo Magetan Dalam Membentuk Kedisiplinan (studi multi situs antara lembaga pendidikan dan lembaga sosial). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190035 ARIJALU KHOWAMU SA ETHESESS.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Arijalu, Khowamu Salisa Amri. 2023. Implementasi Punishment di MAN 3 Magetan dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah Balegondo Magetan dalam membentuk kedisiplinan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata kunci : Implementasi, Punishment, Karakter Disiplin
Dalam skripsi ini peneliti membahas tentang penerapan punishment dalam menegakkan dan membentuk karakter disiplin anak di MAN 3 Magetan dan LKSA Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Magetan. Kedisiplinan yang kurang serta masih banyaknya siswa yang melanggar aturan di kedua lembaga tersebut, menjadi latar belakang peneliti dalam melakukan penelitian ini.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prosedur penerapan punishment di MAN 3 Magetan dan LKSA Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Magetan dalam membentuk kedisiplinan; (2) untuk mengetahui Implementasi punishment di MAN 3 Magetan dan LKSA Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Magetan dalam membentuk kedisiplinan; dan (3) untuk mengetahui dampak punishment di MAN 3 Magetan dan LKSA Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Magetan dalam membentuk kedisiplinan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs, dimana penelitian dilaksanakan dalam dua lokasi dengan bentuk kasus yang sama yakni punishment. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur penerapan punishment di MAN 3 Magetan dan LKSA Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Magetan menggunakan beberapa prosedur yang hampir sama diantaranya membentuk tim kedisiplinan, membuat tata tertib aturan dan larangan, dan pelaksanaan. Sedangkan cara untuk membentuk menumbuhkan kedisiplinan anak dilakukan melalui beberapa pembiasaan. Adapun dalam mengimplementasikan punishment, kedua lembaga tersebut menggunakan tiga bentuk jenis punishment yaitu pertama punishment badan meliputi: potong rambut untuk laki-laki; push up; dan squat Jump; kedua punishment perasaan yang meliputi: punishment berdiri dihadapan teman-temanya, membersihkan lingkungan, dan punishment disamaratakan satu kelas; serta ketiga jenis punishment intelektual yang meliputi: Menulis surat Yaa Siin, menjadi imam sholat dhuha, dan membaca ayat al-Quran minimal 1 juz. Setelah di implementasikannya punishment memberikan dampak yang signifikan, dalam hal ini terwujud pada peningkatan kedisiplinan anak jam kedatangan di madrasah, disertai kedisiplinan dalam kerapian, peningkatan kedisiplinan dalam menjalankan ibadah, peningkatan kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran dan peningkatan kedisiplinan dalam menjalankan tugas bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23762

Actions (login required)

View Item View Item