..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Pengembangan Usaha Batik Berkah Mojo

Nurrozaqkul, Ahmad Fattah (2023) ..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Strategi Pengembangan Usaha Batik Berkah Mojo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
skripsi final.docx

Download (6MB)

Abstract

Nurrozaqkul, Ahmad Fattah, Strategi Pengembangan Usaha Batik Berkah Mojo. Skrpsi. 2023. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.AK
Kata kunci : Strategi, Pengembangan Usaha.
Banyaknya pertumbuhan sektor industri mengakibatkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Tidak sedikit perusahaan yang mengalami kegaga-lan atau gulung tikar akibat tidak adanya perencanaan dalam proses pengem-bangan usaha, khususnya dalam industri batik yang masih kental dengan warisan budaya bangsa. Salah satunya adalah UMKM Batik Berkah Mojo yang merupakan usaha pengrajin batik yang menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan dengan mempunyai ciri khas yaitu motif Jombangan yang menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Jombang.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis strategi pengembangan usaha batik Berkah Mojo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan narasumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Batik Berkah Mojo tersebut merespon diketahui setelah menggunakan kekuatan dengan peluang dan strategi SO, maka diperoleh untuk meningkatkan mutu produk dan meningkatkan pro-mosi. Dan pada strategi ST diperoleh hasil meningkatkan minat wirausaha batik dan meningkatkan meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat akan produk batik. Begitu pula dengan strategi WO diperoleh hasil untuk meningkatkan skala usaha serta perlu diadakan usaha-usaha untuk mengembangkan kualitas SDM. dan terakhir yaitu strategi WT dapat diperoleh hasil untuk meningkatkan kerjasama antar pengusaha/ pengrajin batik serta meciptakan dan meningkatkan inovasi-inovasi baru motif batik serta dapat menciptakan branding.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:03
Last Modified: 08 Jun 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item