STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo)

Ariyanto, Gradian Pratama (2023) STRATEGI PUBLIC RELATION DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF DI MASYARAKAT (Studi Kasus di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
BAB 1-5_merged (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

Public relation (PR) adalah alat komunikasi yang digunakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan publiknya. PR di Dinas Sosial, P3A memiliki peran penting dalam membangun citra positif di masyarakat. Dinas Sosial menggunakan media sosial sebagai sarana publikasi untuk menyebarkan informasi tentang lembaga, program sosial, dan kegiatan yang dilakukan. Melalui konten yang uptodate dan responsif terhadap pertanyaan dan keluhan masyarakat, Dinas Sosial dapat membentuk persepsi positif dan meningkatkan apresiasi publik terhadap lembaga tersebut. Dengan adanya PR yang efektif, Dinas Sosial dapat membangun citra positif dan meningkatkan kepercayaan serta penerimaan masyarakat terhadap layanan yang disediakan.
Rumusan masalah yang diambil penulis adalah (1) Bagaimana Dinas Sosial, P3A Kabupaten Ponorogo menentukan sasaran strategi public relation dalam membangun citra positif di masyarakat? (2) Apa saja sarana yang digunakan Dinas Sosial, P3A Kabupaten Ponorogo dalam membangun citra positif di masyarakat?. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi public relation yang paling efektif untuk meningkatkan citra positif di Dinas Sosial P3A Kabupaten Ponorogo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan data menggunakan Teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, Sasaran Public Relation Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo dibagi menjadi dua yaitu, sasaran utama dan sasaran spesifik. Sasaran utama ialah seluruh masyarakat di Ponorogo, sedangkan sasaran spesifik adalah masyarakat rentan, yaitu masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan warga masyarakat yang memiliki kekurangan akses informasi. Kedua, Sarana yang digunakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ponorogo dalam membentuk citra positif adalah dengan menggunakan dua cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Sarana secara tidak langsung dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat penyebar informasi, baik melalui Website, Instagram, dan Youtube. Cara yang kedua adalah secara langsung yaitu dengan cara staf Dinas Sosial secara langsung membuat program di masyarakat, baik berupa sosialisasi, pelayanan masyarakat, pemberian hak dan kewajiban terhadap masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:58
Last Modified: 08 Jun 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23760

Actions (login required)

View Item View Item