PENERAPAN STRATEGI THREE STAGE FISHBOWL DECISION DALAM PEMBELAJARAN SKI MATERI TOKOH-TOKOH PEMBAHARUAN DALAM ISLAM DAN IDE-IDENYA KELAS XI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 JENES BROTONEGARAN PONOROGO

Sari, Novi Laila (2023) PENERAPAN STRATEGI THREE STAGE FISHBOWL DECISION DALAM PEMBELAJARAN SKI MATERI TOKOH-TOKOH PEMBAHARUAN DALAM ISLAM DAN IDE-IDENYA KELAS XI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 JENES BROTONEGARAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190435_NOVI LAILA SARI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sari, Novi Laila. 2023. Penerapan Strategi Three Stage Fishbowl Decision dalam
Pembelajaran SKI Materi Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dalam Islam Dan Ide-Idenya kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Brotonegaran Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Basuki, M.Ag.

Kata Kunci : Strategi, Guru, SKI, Dampak

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengaplikasian model pembelajaran yang kurang tepat, di kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Brotonegaran Ponorogo, pendidik masih menggunakan model pembelajaran Teacher Centere sehingga guru menjadi pusat pembelajaran di dalam kelas, hal ini menjadikan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung karena mereka cenderung hanya mendengarkan penjelasan guru. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan merubah model pembelajaran menjadi active learning. Strategi yang ada pada model pembelajaran active learning adalah strategi three stage fishbowl decision atau format diskusi yang menjadikan siswa seb agai pusat pembelajaran dengan harapan mampu berdampak positif bagi proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persiapan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam penerapan strategi Three Stage Fishbowl Decision. (2) Mendeskripsikan penerapan strategi Three Stage Fishbowl Decision dalam pembelajaran SKI materi Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dalam Islam dan Ide-Idenya. (3) Menjelaskan dampak penerapan strategi Three Stage Fishbowl Decision dalam pembelajaran SKI materi Tokoh-Tokoh Pembaharuan Dalam Islam dan Ide-Idenya.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian ini adalah studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Brotonegaran Ponorogo. Penelitian ini menggunakan strategi dalam proses pengumpulan data, yakni strategi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik milik Miles dan Huberman meliputi : Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : 1) Persiapan yang dilakukan guru SKI sebelum menerapkan strategi adalah a) menyusun RPP, penyusunan kurang sesuai antara waktu pembelajaran yang tertera di RPP dengan praktek di kelas b) bahan ajar yang digunakan berupa buku pegangan guru dan LKS siswa, c) memilih strategi pembelajaran yaitu three stage fishbowl decision. 2) Penerapan strategi three stage fishbowl decision. Terdapat kurang sesuai antara langkah-langkah seperti tempat duduk kurang sesuai dengan konfigurasi fishbowl. strategi ini mampu mendorong siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. 3) dampak positif adalah meningkatnya keaktifan siswa. Sedangkan negatifnya adalah waktu yang kurang memadai, jumlah siswa yang cukup banyak di setiap kelompok menyebabkan tidak semua siswa memiliki kesempatan untuk ikut andil dalam mengutarakan pendapatnya. Selain itu penyusunan pola tempat duduk yang melingkar memakan banyak ruang sehingga tidak cocok diterapkan pada ruang kelas yang tidak luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:58
Last Modified: 08 Jun 2023 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item