Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aswaja di MA Ma'arif Klego

Trisusanti, Risma (2023) Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aswaja di MA Ma'arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_RISMA TRISUSANTI_ETESES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Trisusanti, Risma. 2023Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik Melalui Pembelajaran Aswaja Di MA Ma’arif Klego. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata Kunci:Peran Guru, Pembelajaran Aswaja, Moderasi Beragama
Peran guru merupakan kunci pendidikan yang utama, pendidikan sebagai proses aktualisasi baik ditingkat pra sekolah, dijenjang pendidikan menengah, pendidikan masyarakat maupun perguruan tinggi. Karena guru salah satu faktor yang mempengaruhi belajar-mengajar dan juga berperan sebagai tenaga pelaksanaan kurikulum pendidikan. moderasi beragama kini menjadi bagian terpenting dalam penanaman karakter peserta didik. melalui pembelajaran Aswaja sebagai jembatan untuk memberikan penanaman nilai-nilai yang moderat. sehingga terciptanya sikap saling menghormati dan menghargai pada bingkai perbedaan yang ada.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik melalui pembelajaran Aswaja di MA Ma’arif Klego 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran Aswaja dalam membentuk sikap moderasi beragama melalui pembelajaran Aswaja di MA Ma’arif Klego.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif.dimana peneliti langsung mengamati fenomena yang terjadi dilapangan, sesuai dengan rumusan masalah yang sudah tersusun. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. dengan menggunakan analisis data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1) terdapat dua strategi guru dalam membentuk sikap moderasi beragama peserta didik melalui pembelajaran Aswaja di MA Ma’arif klego yakni melalui pembelajaran dikelas dan pembiasaan positif melalui program yang ada di MA Ma’arif Klego 2)Faktor pendukung dari segi internal adalah pada diri peserta didik dan intelegensinya, dari segi eksternal adanya dukungan dari pihak madrasah, wali murid, dan masyarakat. Adapun faktor penghambat dari segi internal adalah minat siswa dan kurangnya menaati tata tertib madrasah. dari faktor eksternal adanya pengaruh teman, pemahamaan tentang moderasi beragama yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 12:46
Last Modified: 07 Jun 2023 12:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23746

Actions (login required)

View Item View Item