Implementasi Media Pembelajaran Kartu Angka Dalam Melatih Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo

Fitriani, Dinna Nur (2023) Implementasi Media Pembelajaran Kartu Angka Dalam Melatih Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS DINNA NUR FITRIANI.pdf

Download (714kB)

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci: Media Pembelajaran Kartu Angka, Kecerdasan Logika Matematika, Anak Usia Dini
Kecerdasan Logika Matematika merupakan sesuatu yang dilakukan individu mengenai mengolah angka dengan logika. Pembelajaran dalam melatih kecerdasan Logika Matematika anak dilakukan belajar sambil bermain dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran salah satunya kartu angka yang merupakan suatu media pembelajaran berbasis permainan terdiri dari kartu-kartu yang berisi angka yang tertulis secara menarik dan mudah terbaca guna menyampaikan materi. Berdasarkan fakta, pembelajaran matematika di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo sudah diterapkan dengan media kartu angka dan perkembangan Logika Matematika anak usia dini pada indikator kepekaan terhadap angka sudah baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi media pembelajaran kartu angka dalam melatih kecerdasan Logika Matematika anak usia dini; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan Logika Matematika anak usia dini; dan (3) capaian perkembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia dini di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo setelah guru mengimplementasikan media pembelajaran kartu angka.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah anak kelompok B, guru kelas, dan kepala sekolah TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo. Data hasil peneliti dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi media pembelajaran kartu angka dalam melatih kecerdasan Logika Matematika anak usia dini di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo menunjukkan hasil yang optimal; (2) faktor yang mempengaruhi kecerdasan Logika Matematika anak usia dini adalah media pembelajaran, sarana pendidikan, penataan kelas, dan stimulasi orang tua; dan (3) capaian perkembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia dini setelah guru mengimplementasikan media pembelajaran kartu angka di TK Muslimat NU 111 Wringinanom Sambit Ponorogo mayoritas berkembang sesuai harapan yang tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 12:46
Last Modified: 07 Jun 2023 12:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item