..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH DAN RELEVANSINYA TERHADA TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA MILENIAL

Sholihah, Siti Mar'atus (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH DAN RELEVANSINYA TERHADA TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA MILENIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI (SITI MAR'ATUS SHOLIHAH) 201190262.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sholihah, Siti Mar’atus. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Telaah Tafsir Al-Misbah dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam Pada Era Milenial. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M. Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Surat Luqman, Tujuan Pendidikan Islam, era milenial.

Dalam perjalanan era milenial manusia semakin dimanjakan oleh teknologi yang semakin canggih membuat tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan khusunya pendidikan karakter pada era milenial. Permasalahan yang dihadapi di Indonesia saat ini adalah krisis moral yang menimpa tunas-tunas bangsa meliputi pembunuhan dari kalangan remaja maupun dewasa, tindak kekerasan orang tua pada anak, pergaulan bebas dan tontonan yang tidak mengedukasi, dan lunturnya tata krama siswa terhadap orang tua dan guru. Peristiwa yang terjadi jauh dari nilai-nilai dan ajaran al-Qur’an serta menyimpang dari tujuan pendidikan Islam era milenial.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tafsir al-Misbah al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 karya M. Quraish Shihab dan untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tafsir al-Misbah al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 terhadap tujuan pendidikan Islam pada era milenial.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (Library Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab dan sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah teknik dokumen dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis), yaitu mengumpulkan dan menganalisis isi dari tafsir al-Misbah surat Luqman ayat 12-19.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19 berdasarkan tafsir al-Misbah adalah nilai pendidikan karakter syukur, bijaksana, iman, berbakti kepada orang tua, kerja keras, bersahabat, perintah untuk berbuat baik atau amal saleh, religius, sabar, optimis, sopan santun dan larangan angkuh/sombong. Dalam pendidikan Islam tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai salah satunya yaitu persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat. Nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 dapat di klasifikasikan kedalam pendidikan karakter yang bernilai duniawi dan ukhrawi. Pendidikan karakter yang bernilai duniawi yaitu sabar, optimis, kerja keras, bersahabat, sopan santun, dan larangan sombong/angkuh. Sedangkan pendidikan karakter yang bernilai ukhrawi yaitu rasa syukur, bijaksana, iman, relegius, berbakti kepada orang tua, berbuat baik atau amal saleh, sopan santun, dan larangan sombong/angkuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 12:42
Last Modified: 07 Jun 2023 12:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23737

Actions (login required)

View Item View Item