Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus di MTs Putri Ma'arif Ponorogo)

Mistiyani, Putri (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Kualitas Pembelajaran (Studi Kasus di MTs Putri Ma'arif Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190440_Putri Mistiyani_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru PAI dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan, metode, dan media pembelajaran di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru PAI dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran di MTs Putri Ma’arif Ponorogo adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SCL, (2) Upaya guru PAI dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran melalui metode pembelajaran di MTs Putri Ma’arif Ponorogo adalah dengan memaksimalkan penggunaan metode pembelajaran yang cocok digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam seperti SKI, Akidah Akhlak, Fikih, dan Qur’an Hadits. Penggunaan metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam di MTs Putri Ma’arif Ponorogo sangat beragam diantaranya metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, drill, index card match, bernyanyi, bermain peran, diskusi, pemberian tugas, problem solving, dan metode jigsaw. (3) Upaya guru PAI dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran melalui media pembelajaran di MTs Putri Ma’arif Ponorogo adalah dengan menggunakan media yang cukup beragam yang disesuaikan oleh materi. Media yang digunakan adalah media visual dan media audio visual.
Kata Kunci: Upaya, Pendidikan Agama Islam, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 12:38
Last Modified: 07 Jun 2023 12:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item