ANALISIS BUKU RISALAH ḤAIḌ NIFAS DAN ISTIḤAAḌAH KARYA KH. MUHAMMAD ARDANI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI FIKIH PEMINATAN KEAGAMAAN KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAGETAN

Lidyawati, Ika (2023) ANALISIS BUKU RISALAH ḤAIḌ NIFAS DAN ISTIḤAAḌAH KARYA KH. MUHAMMAD ARDANI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI FIKIH PEMINATAN KEAGAMAAN KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190096_IKA LIDYAWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lidyawati, Ika. 2023. Analisis Buku Risalah Ḥaiḍ, Nifas Dan Istiḥaaḍah Karya KH. Muhammad Ardani Dan Relevansinya Dengan Materi Fikih Peminatan Keagamaan Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Program Sarjana S-1. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I
Kata kunci:Analisis buku risalah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah, materi fikih peminatan kelas X
Latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat beberapa permasalahan pada masyarakat terutama ibu-ibu dan anak perempuan yang sudah baligh yang belum bisa membedakan mana yang disebut darah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah, selain itu mereka belum mengerti batas ḥaiḍ, suci maupun menghitungnya. Mereka menganggap bahwa semua darah yang keluar dari kemaluan mereka merupakan darah ḥaiḍ, bahkan dari mereka ada yang tidak paham mengenai darah istiḥaaḍah. Ḥaiḍ merupakan hadats yang harus disucikan dengan mandi besar, dalam hal ini maka diperlukannya kajian fikih. Ḥaiḍ merupakan darah yang keluar dari kemaluan wanita bukan karena melahirkan, nifas merupakan darah yang keluar setelah melahirkan, dan darah istiḥaaḍah merupakan darah yang keluar bukan pada waktu ḥaiḍ atau nifas atau disebut darah penyakit. Banyak dari mereka tidak bisa membedakannya dari ketiganya, oleh karena itu perlunya kajian mendalam tentang bab tersebut. Jika meninjau kembali buku Risalah ḥaiḍ, nifas, istiḥaaḍah karya KH. Muhammad Ardani bin Ahmad terdapat permasalahan serta solusi tentang ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah dalam buku Risalah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah Karya KH. Muhammad Ardani bin Ahmad dan (2) Mendeskripsikan relevansi buku risalah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah dengan materi fikih peminatan keagamaan kelas X.
Adapun jenis penelitian ini ialah menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik analisis menggunakan teknik analisis isi (content analisys). Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua sumber yaitu sumber primer dan sekunder. Adapun data primer ialah buku risalah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah dan materi fikih peminatan keagaman kelas X, sedangkan data sekunder ialah karya ilmiah, buku-buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya yang berkaitan dengan sumber primer.
Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil bahwa (1) konsep buku yaitu pengertian ḥaiḍ ialah darah keluar dari kemaluan wanita pada waktunya ḥaiḍ. Pengertian istiḥaaḍah ialah darah yang keluar selain darah ḥaiḍ dan nifas, pengertian nifas yaitu darah seorang wanita yang keluar setelah melahirkan. (2) Relevansinya yaitu buku Risalah ḥaiḍ, nifas dan istiḥaaḍah karya KH. Muhammad Ardani bin Ahmad relevan dengan materi fikih peminatan keagamaan kelas X yaitu pertama, pengertian ḥaiḍ, batas waktu ḥaiḍ, pengertian istiḥaaḍah dan macam istiḥaaḍah, definisi nifas dan larangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 12:37
Last Modified: 07 Jun 2023 12:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item View Item