Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MIN 5 Magetan

Saputro, Guntur Aji (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MIN 5 Magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
GUNTUR AJI SAPUTRO_502210016_MPI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman persaingan dalam ranah kepemimpinan mulai gencar antara laki-laki dan perempuan khususnya di lingkungan lembaga pendidikan yang notabenya di era-era jaman dahulu kepemimpinan sekolah selalu identik dengan seorang laki-laki yang dipandang mempunyai sebuah kewibawaan dan ketegasan dalam memimpin. Namun saat ini mulai berkembang cara berfikir dan kemauan untuk memimpin dari kaum perempuan yang sebelumnya selalu menganggap bahwa dirinya lemah dari pada laki-laki tapi sekarang sebaliknya perempuan sudah mulai sadar bahwa perempuan dan laki-laki itu setara dalam konteks gender. Kebanyakan teori-teori kepemimpinan tidak hanya menolak peran perempuan dalam sekolah tapi juga mengalami bias gender dan terbentuk asumsi-asumsi yang tidak benar tentang peran gender dalam organisasi. Kebanyakan teori hanya memfokuskan pada peran laki-laki pada organisasi, namun beberapa bukti empiris yang muncul membuktikan bahwa kebanyakan perempuan dalam kepemimpinan mampu berperan dengan model kepemimpinan yang mampu memberdayakan orang lain dan sangat mampu dalam berkomunikasi dengan staf dan siswa. Sebagai seorang pemimpin atau kepala madrasah pastinya mempunyai gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam menjalani profesinya demi kemajuan sebuah lembaga pendidikannya dan kinerja guru yang ada di lembaga tersebut.
Peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus tunggal, yaitu lokasi penelitian hanya satu. Peneliti dalam mengumpulkan data penelitian dengan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan model Miles, Hubermas dan Saldana sebagai acuan. Analisis data penelitian berisi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya gaya kepemimpinan Ibu Mursinah merupakan gaya kepemimpinan transformasional dengan cara pandang dan berfikir serta bertindaknya yang membangun dan maju guna tujuanya dapat berdampak pada kinerja guru diantarannya terbentuknya Sumber daya pengajar yang berkualitas tertatanya dalam proses perencanaan pembelajaran, proses penerapan pembelajaran, penilaian/evaluasi, pemecahan masalah, pendampingan terhadap siswa, pembenahan fasilitas, hingga pembuatan program-program untuk madrasah.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah Perempuan, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:52
Last Modified: 08 Jun 2023 07:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23725

Actions (login required)

View Item View Item