Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Menanamkan Budaya Toleransi Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Ponorogo

Yulinawati, Yulinawati (2023) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural dalam Menanamkan Budaya Toleransi Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
201190295_Yulinawati_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yulinawati, 2023 .Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Menanamkan Budaya Toleransi Siswa ( Studi Kasus di SMA Negeri 3 Ponorogo ). Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing:Lia Amalia, M.Si.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Toleransi Beragama.

Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo yang beranekaragam, baik dari segi agama, budaya,maupun kemampuan siswa. Pembelajaran berbasis multikultural berusaha memberdayakan siswa untuk mengembangkan rasa hormat kepada orang yang berbeda agama, budaya, member kesempatan untuk bekerja sama dengan orang atau kelompok orang yang berbeda etnis rasnya seacara langsung.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) untuk mengetahui pendekatan aditif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam menanamkan budaya toleransi siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo, (2) untuk mengetahui pendekatan kontribusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam menanamkan budaya toleransi siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo, (3) untuk mengetahui pendekatan transformasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural dalam menanamkan budaya toleransi siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan Field Research (Penelitian lapangan) dan jenis penelitian studi kasus.Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles, Huberman yang meliputi reduksi data, display data (penyajian data), dan yang terakhir penarikan kesimpulan.
Hasi dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan Islam dalam menanamkan budaya toleransi siswa yaitu melalui (1) Pendekatan adiktif dalam menanamkan budaya toleransi dalam sebuah pembelajaran bisa diterapkan melalui berbagai kegiatan.Yang pertama, yaitu mulai dari kegiatan terprogram dan tidak terprogram untuk kegitan terprogram yaitu kegiatan ektrakulikuler.Kedua, upaya yang dilakukan mulai dari memberikan suatu pola pendampingan yang berhubungan dengan toleransi.(2) Dalam pendekatan kontribusi upaya pembentukan karakter toleransi siswa sudah dilakukan mulai dari kegiatan keagamaan yaitu isro’ mi’roj, idul adha.Dalam memberikan pandangan yang dapat membuktikan tentang keberagaman yang harus diapresiasi seacara konstrusif. (3) Pendekatan transformasi dapat dimulai dari penanaman nilai-nilai toleransi beragama yang ada di SMA Negeri 3 Ponorogo diterapkan melalui berbagai upaya program pembiasaan, yang dilakukan disetiap proses pembelajaran meliputi melakukan doa pagi bersama menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing memberikan kebebasan dalam berfikir bagi siswa untuk mendapatkan pelajaran agama sesuai dengan keyakinan masing-masing, bersikap universal dam tidak membeda-bedakan siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:49
Last Modified: 07 Jun 2023 08:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23720

Actions (login required)

View Item View Item