Manajemen Strategis Radio Ge Fm Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital.

Bakhita, Febrianty Alya (2023) Manajemen Strategis Radio Ge Fm Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIANTY ALYA WATERMARK 1 1 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen strategis merupakan satu set keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Dimana radio adalah salah satu alat komunikasi yang menyediakan informasi dengan cepat. Pesatnya pertumbuhan media online menjadi pesaing berat bagi pemilik dan pengelola stasiun radio. Pengelola stasiun radio dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif menarik minat pendengar agar tidak tersisihkan dan dikalahkan oleh media online.
Radio Ge Fm mempunyai slogan “Selalu Setia Bersama”, hadir 24 jam untuk menunjang kebutuhan hiburan masyarakat saat ini. Radio ini mempunyai program unggulan yang lebih menarik dibanding radio lain, maka dari itu Radio Ge FM tetap menjadi Radio yang Image-nya telah melekat di hati pendengar untuk masyarakat Kota dan Kabupaten Madiun serta Kota sekitarnya, dengan program yang selalu mengikuti trend di masyarakat. Dengan memberikan informasi terkini yang selalu update setiap waktu dan bergabung dengan pemberitaan Suara Surabaya dengan program Jaring Radio diyakini bisa memberikan warna tersendiri untuk masyarakat sebagai pendengar setia.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) cara radio Ge Fm Madiun memformat program-programnnya untuk mempertahankan eksistensiya di era digital. (2) mendeskripsikan cara penyajian program siaran radio Ge Fm Madiun untuk mempertahankan eksistensinya di era digital. (3) menjelaskan pertimbangan siaran radio Ge Fm Madiun untuk mempertahankan eksistensinya di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data utama menggunakan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang dipakai melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta menggunakan data tambahan yang diperoleh dari studi kepustakaan, dan artikel yang sesuai dengan pembahasan. Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, (1) cara radio Ge Fm memformat programnnya dengan melakukan riset terlebih dahulu, lalu menentukan segmentasi pendengar, dan mengatur jadwal siaran. (2) cara penyajian program berupa berita wawasan yang menyajikan seputar informasi terupdate setiap harinya dan program talkshow yang disiarkan secara live di media sosial facebook dan instragram radio Ge Fm. (3) pertimbangan radio Ge Fm berupa kemampuan penyiar, pemilihan waktu berupa prime time, dan promotion dimana untuk biaya perasional program harus tercover dengan profit yang didapat dari sponsor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:48
Last Modified: 07 Jun 2023 08:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23719

Actions (login required)

View Item View Item