Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Agama Islam Siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan

Asmarita, Nila Verry (2023) Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dalam Meningkatkan Nilai-nilai Agama Islam Siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190193_NILA VERRY ASMARITA_E-Theses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asmarita, Nila Verry. 2023. Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam Meningkatkan Nilai-nilai Agama Islam Siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah, nilai-nilai agama Islam, siswa
Nilai-nilai agama Islam perlu ditanamkan sejak dini baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Hal ini diharapkan agar mampu meningkatkan sikap spiritual dan mampu membentuk diri siswa menjadi pribadi yang lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Nilai-nilai agama Islam yang terdiri dari nilai aqidah, syariah, dan Akhlak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Peningkatan nilai-nilai agama Islam di lingkungan sekolah sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan sebagian besar waktu yang dihabisakan oleh anak-anak terdapat di lingkungan sekolah. Oleh karena itu sekolah memiliki kesempatan yang besar dalam berperan meningkatkan nilai-nilai agama Islam. Dalam upaya meningkatkan nilai-nilai agama Islam, sekolah memerlukan beberapa bantuan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah organisasi yang berjalan di lingkungan sekolah tersebut seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Ikatan Pelajar Muhammadiyah merupakan organiasi di lingkungan Muhammadiyah yang apabila di sekolah-sekolah negeri sama halnya dengan OSIS. Pada struktur organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dibentuk beberapa bidang. Salah satu bidang yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan nilai-nilai agama Islam pada siswa adalah bidang Kajian Dakwah Islam yang bergerak dalam bidang keagamaan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) peran Kajian Dakwah Islam Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai aqidah pada siswa; (2) peran Kajian Dakwah Islam Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai syariah pada siswa; dan (3) Peran Kajian Dakwah Islam Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai akhlak pada siswa.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini berasal dari pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah, siswa, dan guru MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jenangan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai aqidah pada siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong yaitu melalui kegiatan mengaji Al-Quran setiap pagi. (2) Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai syariah pada siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong yaitu melalui kegiatan shalat dhuha secara berjamaah. (3) Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan nilai akhlak pada siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong yaitu melalui kegiatan muhadharah atau pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:38
Last Modified: 07 Jun 2023 08:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item View Item