Manajemen Ketatausahaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di MAN 3 Madiun

Zulaikah, Eva (2023) Manajemen Ketatausahaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190024_EVA ZULAIKAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh staf pegawai tata usaha yang dirasa kurang cakap dan profesional dalam memberikan layanan administrasi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan manajemen ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pendidikan di MAN 3 Madiun. Oleh karena itu, adanya manajemen ketatausahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada madrasah agar lebih maksimal dan dapat memuaskan siswa/pelanggan pendidikan.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pendidikan, beserta kendala-kendala yang dihadapi ketatausahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan ketatausahaan, yaitu pertama, pemenuhan sarana dan prasarana yang ada di kantor tata usaha untuk meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan, kedua, perekrutan staff tata usaha sesuai dengan pegawai yang dibutuhkan. Ketiga, dengan melakukan rapat, koordinasi dan musyawarah untuk menyusun sebuah perencanaan dalam tata usaha madrasah terkait data-data siswa, guru, pegawai dan segala sesuatu yang menyangkut tentang data-data yang ada di madrasah. Pihak MAN 3 Madiun. (2) Pelaksanaan ketatausahaan, yaitu pertama, pembayaran infaq, pengajuan data PIP, legalisir ijazah dan pengadministrasian terkait data-data siswa, kedua, kepala tata usaha selaku atasan melakukan pengawasan terhadap kinerja para pegawai tata usaha dan memberikan motivasi kepada para pegawai agar tetap semangat dalam bekerja, (3) kendala-kendala ketatausahaanyaitu: terlambat dalam membayar infaq, data yang kurang valid, aplikasi yang terkadang tidak bisa berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:37
Last Modified: 07 Jun 2023 08:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23714

Actions (login required)

View Item View Item