STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA DESA NONGKODONO DALAM MENGGERAKKAN GOTONG ROYONG MASYARAKAT

Lestari, Isma Dewi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA DESA NONGKODONO DALAM MENGGERAKKAN GOTONG ROYONG MASYARAKAT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
ISMA DEWI LESTARI_Etesis.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

DEWI LESTARI, ISMA. 2023, Stretegi Komunikasi Kepala Desa Nongkodono Dalam Menggerakkan gotong Royong Masyarakat . Skripsi Fakultas Usuluddin Adab Dan Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Faiq Ainurrafiq, M.A.
Kata Kunci: Strategi Komuniaksi, Pola Komunikasi dan Hasil Komunikasi.
Saat ini kesadaran gotong royong semakin pudar akibat kemajuan zaman dan perkembangan teknologi informasi dan trasformasi sosial yang semakin pesat. Dalam upaya melestarikan budaya asli Indonesia tersebut, Kepala Desa Nongkodono berusaha untuk terus mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat untuk bergotong royong.Dalam Upaya untuk, menggerakkan masayarkat untuk melakukan kegiatan gotong royong kepala desa nongkodono menerapkan strategi komunikasi yang efektif kepada masyarakat. Sehingga kegiatan gotong royong di Desa Nongkodono dapat terus dilestarikan karena agar nilai sosial, nilai kekeluargaan, dan nilai kebersamaan senantiasa terjaga.
Untuk mengkaji strategi komunikasi Kepala Desa Ngongkodono dalam menggerakkan kegiatan gotong royong masyarakat, peneliti mengajukan tiga poin rumusan masalah penelitian, yaitu (1). Bagaimana pola komunikasi kepala desa dalam menggerakkan gotong royong masyarakat? (2).Bagaimana strategi komunikasi kepala desa dalam menggerakkan gotong royong masyarakat? (3).Bagimana hasil komunikasi kepala desa kepada masyarakat dalam menggerakkan gotong royong di Desa Nongkodono. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan mengambil data dari masyarakat dan Kepala Desa Nongkodono sebagai objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan: (1). Pola komunikasi yang digunakan Kepala Desa Nongkodono dalam menggerakkan gotong royong masyarakat, yakni: a.) Pesan verbal yakni komunikasi yang menggunakan kata-kata baik lisan maupun tulisan. b.) Pesan nonverbal yakni komunikasi yang menggunakan pesan-pesan nonverbal, yang mana dalam penerapan komunikasi ini hanya dengan simbol seperti ekspresi wajah atau gerak tubuh. (2). Strategi komunikasi Kepala Desa Nongkodono dalam menggerakkan gotong royong menggunakan bentuk: a.) Redudancy (Repitition) yakni dengan, mengulang-ulang pesan yang ia sampaikan. b.) Informatif yakni, memberikan pengertian dengan menyampaikan sesuatu apa adanya sesuai dengan fakta-fakta. c.) Persuasif yakni, mempengaruhi masyarakat dengan jalan membujuk. d.) Edukatif yakni, mempengaruhi dari suatu pernyataan umum yang ia sampikan. (3). Hasil komunikasi yang dilakukan Kepala Desa Nongkodono dalam menggerakkan gotong royong dinilai efektif sehingga membantu mengantarkan pada tercapainya gerakan gotong royong di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:36
Last Modified: 07 Jun 2023 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item