Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kulari ke Pantai bagi Karakteristik Peserta Didik SD/MI

Muntiah, Anafi (2023) Relevansi Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kulari ke Pantai bagi Karakteristik Peserta Didik SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Anafi Muntiah_203190007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara tidak bertanggung
jawab menyebabkan penurunan kualitas moral dan etika pada generasi muda
bangsa Indonesia, khususnya peserta didik tingkat dasar yang masih memerlukan
pendampingan orang dewasa dalam penyaringan informasi yang mereka terima dari
apa yang mereka lihat dan mereka dengar melalui tayangan yang mereka konsumsi.
Perbaikan moral dan etika dilakukan dengan penanaman pendidikan karakter.
Penanaman pendidikan karakter membutuhkan media yang menarik antusiasme
peserta didik, salah satunya menggunakan film. Film berjudul Kulari ke Pantai
adalah film anak yang mengandung nilai pendidikan karakter. Telah ada penelitian
yang membahas mengenai pendidikan karakter dalam film Kulari ke Pantai, namun
belum ada penelitian yang merelevansikannya dengan karakteristik peserta didik
SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai pendidikan
karakter dalam film Kulari ke Pantai berdasarkan lima nilai karakter gerakan PPK
dan (2) relevansi nilai pendidikan karakter dalam film Kulari ke Pantai bagi
karakteristik peserta didik SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
library research atau kepustakaan. Untuk menganalisis nilai pendidikan karakter
dalam film Kulari ke Pantai, penelitian ini menggunakan pendekatan analisis karya
sastra didaktis. Pengumpulan data berupa adegan dan dialog antartokoh dalam film
dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik
content analysis atau analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa film Kulari ke Pantai
mengandung lima nilai karakter utama dalam gerakan PPK, antara lain (1) nilai
religius, (2) nilai nasionalis, (3) nilai integritas, (4) nilai mandiri, dan (5) nilai
gotong-royong. Nilai religius dan nilai gotong-royong menjadi nilai karakter yang
paling dominan dalam film Kulari ke Pantai. Kelima nilai pendidikan karakter
dalam film Kulari ke Pantai memiliki relevansi dengan karakteristik peserta didik
SD/MI. Nilai karakter gotong-royong, religius, dan integritas relevan dengan
karakteristik suka membangun hubungan sosial dengan temannya dalam kelompok.
Nilai karakter mandiri relevan dengan karakteristik suka melakoni aktivitas yang
banyak bergerak dan karakteristik suka melakukan suatu kegiatan secara langsung.
Nilai karakter nasionalis relevan dengan karakteristik suka mempraktikkan atau
melakukan suatu kegiatan secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:34
Last Modified: 07 Jun 2023 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23711

Actions (login required)

View Item View Item