Pengaruh Self Management Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Uhuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2020

Rohmah, Isma Nur Latifatur (2023) Pengaruh Self Management Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Uhuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
303190010._ISMA NUR LATIFATUR ROHMAH_BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rohmah, Isma Nur Latifatur. 2023. Pengaruh Self Management Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2020. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Pembimbing Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.
Kata Kunci : Self Management, Prestasi Akademik, dan Mahasiswa
Padatnya aktivitas mahasiswa yang berbeda-beda memunculkan suatu masalah baru yaitu mengenai Self Management, mahasiswa yang aktif bekerja, berorganisasi atau berada pada lingkungan tertentu, kurang memprioritaskan perkuliahan dan terjadi perolehan prestasi akademik mahasiswa yang menurun. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh self management terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo angkatan 2020.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa angkatan 2020 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo dengan jumlah 225 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 155 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi, uji statistik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh self management terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah hal ini didapatkan dari nilai perhitungan uji regresi linier sederhana mendapat nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis data tersebut maka hipotesis (Ha) diterima yaitu ada pengaruh self management terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo angkatan 2020. Semakin tinggi self management mahasiswa maka semakin tinggi prestasi akademiknya dan sebaliknya semakin rendah self management mahasiswa maka semakin rendah prestasi akademiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:16
Last Modified: 07 Jun 2023 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23700

Actions (login required)

View Item View Item