Peranan Muslimat dalam Pemberdayaan Perempuan pada Bidang Sosial Keagamaan di Desa Papungan Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi

Ulinnuha, Eliza Rahma (2023) Peranan Muslimat dalam Pemberdayaan Perempuan pada Bidang Sosial Keagamaan di Desa Papungan Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190070_ELIZA RAHMA ULINNUHA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ulinnuha, Eliza Rahma. 2023. Peranan Muslimat Dalam Pemberdayaan Perempuan Pada Bidang Sosial Keagamaan Di Desa Papungan Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Muslimat Nahdlatul Ulama, Pemberdayaan Perempuan, dan Sosial Keagamaan

Penelitian ini dilatar belakangi oleh letak lokasi yang tidak memungkinkan terlaksananya kegiatan pemberdayaan perempuan yang dibuktikan dengan letak geografis yang berada di tengah hutan yang mengakibatkan perempuan itu lemah, saling bergantung pada laki-laki, kurangnya pemberdayaan pada perempuan, dan hanya berdiam diri di rumah. Para perempuan dilarang keluar rumah apalagi bekerja. Mereka tetap keluar rumah hanya untuk belanja dan berbincang-bincang dengan temannya. Dengan beberapa masalah, masyarakat Desa Papungan mengikuti anjuran anak cabang untuk mendirikan organisasi Muslimat Nahdhatul Ulama Desa Papungan.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Peranan Muslimat Nahdhatul Ulama Desa Papungan dalam pemberdayaan perempuan pada bidang sosial keagamaan, 2) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pemberdayaan perempuan pada bidang sosial keagamaan oleh Muslimat Nahdhatul Ulama Desa Papungan, dan 3) Dampak gerakan Muslimat Desa Papungan terhadap pemberdayaan perempuan dalam konteks ruhaniyah, pemberdayaan intelektual dan pemberdayaan ekonomi, dan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep dari Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa peranan muslimat dalam pemberdayaan perempuan pada bidang sosial keagamaan di Desa Papungan Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi yaitu: (1) Peranan Muslimat Nahdhatul Ulama dalam pemberdayaan perempuan melalui kegiatan sosial keagamaan adalah dengan cara mendidik, membimbing, melatih, dan mengarahkan melalui kegiatan yasinan, tadarus al-Qur`an, banjari al-Barjanji, dan Pengajian. (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi pemberdayaan perempuan pada bidang sosial keagamaan oleh Muslimat Nahdhatul Ulama Desa Papungan adalah dukungan dari kepala desa, semangat dan partisipasi dari anggota, dan adanya sarana prsarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah situasi dan kondisi yang tidak memugkinkan, rendahnya motivasi dan rendahnya disiplin waktu, dan perbedaan latar belakang. (3) Dampak gerakan Muslimat Desa Papungan terhadap pemberdayaan perempuan dapat dilihat dari konteks ruhaniyah, pemberdayaan intelektual dan pemberdayaan ekonomi. Dalam konteks ruhaniyah, perubahan yang dialami masyarakat yaitu dapat meningkatkan iman dan takwa dan memperlancar ibu-ibu dalam membaca al-Qur`an. Sedangkan dalam konteks intelektual, perubahannya adalah ibu-ibu memiliki bakat dalam kegiatan banjari dan al-Barjanji. Sedangkan dalam konteks ekonomi, kegiatan sosial keagamaan dapat membentuk perubahan pada ibu-ibu yaitu menambah pemasukan melalui bisyaroh ketika ada tawaran hadroh dan memimpin yasinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:16
Last Modified: 07 Jun 2023 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item View Item