IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANGUNSARI PONOROGO

Jamaludin, Roinul (2023) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BANGUNSARI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190451_ROINUL JAMALUDIN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jamaludin, Roinul. 2023. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:
Kata Kunci: Sorogan, Membaca Kitab Kuning, Pondok Pesantren
Kemampuan membaca kitab kuning adalah salah satu aspek yang semestinya harus dikuasai oleh santri pondok pesantren. Namun pada kenyataanya masih banyak santri yang belum menguasai kemampuan membaca kitab kuning, maka dari itu dibutuhkan suatu solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri, salah satunya dengan metode sorogan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang (1) pelaksanaan metode sorogan kitab kuning dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri (2) faktor pendukung dan kendala dalam implementasi sorogan (3) dampak kegiatan sorogan terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bersifat induktif yaitu menganalisa berdasarkan data yang diperoleh. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa implementsi kegiatan sorogan di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo meliputi (1) Pada kegiatan sorogan ini dibagi menjadi 3 kelas yakni kelas pertama mengkaji kitab safinatun najah, kelas dua mengkaji kitab takrib (matannya fatqul qarib), dan kelas tiga mengkaji kitab fatqul qarib (sarahnya). (2) Faktor pendukung dan kendala dalam pelaksanaan sorogan secara garis besar terdiri dari dua aspek yaitu aspek manusia dan sarana prasarana, untuk sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Darussalam meliputi kitab dan pulpen yang telah disediakan dari pondok. Sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsai sudah cukup memadai dan untuk sumber daya manusianya ada yang mendukung ada yang menjadi penghambat, yang menjadi factor penghambatnya adalah dari factor kedisiplinan santri. (3) Kegiatan sorogan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan membaca kitab kuning. Dengan mengikuti kegiatan sorogan ini kemampuan santri seperti memahami nahwu sorof, mengetahui ikrob, mengetahui makna dari setiap kalimat dan mampu membaca kitab kuning (gundul) mampu meningkat dengan cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:14
Last Modified: 07 Jun 2023 08:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item